Pertanyaan itu sering keluar dikepala saya ketika sedang menggunakan fasilitas atau transportasi umum. Biasanya sih pertanyaan ini menghantui saya ketika menggunakan pesawat terbang, padahal pesawat terbang merupakan transportasi massal yang mempunyai persentasi kecelakaan paling rendah, tetapi dengan tingkat kepedulian terhadap resiko keamanan untuk masyarakat umum di negara tercinta kita ini yang masih rendah maka patutlah saya masih bertanya-tanya.

Apalagi beberapa minggu yang lalu kecelakaan di ruang publik menimpa Novy (dipanggil Olip), salah satu teman di Loenpia. Saya pikir kejadian ini merupakan hasil dari keteledoran pengelola dalam perawatan bangunan, padahal Plasa Simpanglima merupakan salah satu pusat perbelanjaan yang sangat ramai. Saya sendiri sering mengunjunginya dan tidak pernah berpikir untuk tidak merasa aman ketika berada didalamnya.

Lalu seberapa sadar sebenarnya kita terhadap keamanan kita sendiri ketika sedang berada dalam fasilitas umum? Apakah kamu pernah bertanya-tanya tentang kelengkapan keamanan di gedung perbeanjaan, di bis atau malah ketika sedang berjalan di trotoar?