Kompetisi Risa Amrikasari Especially for You

Sejujurnya sewaktu saya membeli buku Especially for You – A Collection of Self Motivation Articles for Tough Women Only yang dibuat oleh  Rika Amrikasari atau yang lebih dikenal sebagai Rose Heart ini, motivasi saya adalah untuk mengikuti Kompetisi Risa Amrikasari Especially For You. Dan setelah buku ini sampai di rumahpun, saya tidak bisa langsung membacanya karena kesibukan yang menghadang.

Kemarin kebetulan saya mempunyai sedikit waktu untuk memulai membaca buku ini. Saya sengaja tidak mencari tahu tentang buku ini melalui dunia maya karena saya ingin mengetahui isi buku ini sendiri ketika saya membacanya. Sewaktu saya membaca daftar judul buku ini, saya sudah merasa match dengan buku ini. Kenapa? Karena buku ini adalah kumpulan dari 65 artikel yang dibuat oleh Rika Amrikasari selama 3 tahun. Saya suka membaca buku yang bisa dilompat-lompat. Karena itu saya suka sekali buku ini. Saya tidak perlu untuk membaca artikel-artikel dalam buku ini secara berurutan. Cukup membacanya secara acak, dimulai dari beberapa topik yang menarik hati saya.

Dilihat dari judul bukunya Especially for You – A Collection of Self Motivation Articles for TOUGH Women Only, buku ini memang ditujukan untuk memotivasi wanita terhadap isu-isu dan pandangan lingkungan sekitar kita terhadap wanita di Indonesia. Tetapi menurut saya secara keseluruhan buku ini tidak hanya berbicara mengenai isu-isu yang ada disekitar wanita saja. Misalnya dalam artikel SMART, How Many Hugs in Total Do You Get in Your Life? dan Office Gossip, didalam artikel-artikel tersebut (yang akan saya bahas lebih lanjut) memang tidak untuk isu gender.

Tetapi buku ini bisa dipelajari oleh para laki-laki untuk lebih memahami jalan pikiran para wanita. Apa yang mereka butuhkan atau terlebih lagi bagaimana memperlakukan wanita dengan lebih baik. Paling tidak itu yang ada didalam pikiran saya ketika saya membaca artikel Not Every Man, Bila Laki-Laki Bilang Cinta ataupun Man are Confused. Kalau yang tidak terbiasa dengan kata-kata langsung mungkin akan sedikit atau lebih tertohok ketika membaca buku ini but I love it because I like direct word.

Saya akan memulai review buku ini dari beberapa artikel yang saya suka. Sejujurnya saya sangat merekomendasikan buku ini untuk dibaca perempuan Indonesia. Karena kebanyakan perempuan Indonesia masih terbelenggu oleh pandangan masyarakat disekitarnya yang seringkali merugikan hak-hak yang seharusnya didapatkan oleh perempuan di Indonesia.

Sewaktu membaca daftar judul-judul artikel pertamakali, mata saya tertarik pada artikel Addicted to Counceling. Disini Rose Heart berbagi pengalaman dengan teman dikantornya yang suka curhat dengan masalah yang sama dan berulang-ulang dan tidak melakukan usaha perbaikan setelah mendapatkan input dari teman-temannya. Inilah yang dinamakan Addicted to Counceling, teman ini hanya membutuhkan tempat untuk membuang keluh kesahnya. Bukan berarti mendengarkan keluh kesah orang lai itu jelek, tetapi kalau keluhannya berulang kali dan mengenai hal yang sama tanpa perbaikan kelihatannya waktu terlihat terbuang percuma.

Tips dalam artikel SMART juga menarik untuk diterapkan dalam kehidupan di kantor sehari-hari. SMART ini kependekan dari StealMaintainApplyRemakeTruthful. SMART ini intinya adalah siklus Mbak Rika dalam mengembangkan skill yang dimilikinya. Dengan menerapkan siklus SMART ini diharapkan kita bisa selalu mengambil dan mengembangkan hal-hal positif yang bisa diambil dari orang-orang yang ada disekitar kehidupan kita sehari-hari.

Memang kebanyakan artikel-artikel dalam buku ini ditujukan khusus untuk wanita, mencungkil patron-patron negatif yang masih melekat dalam budaya perempuan Indonesia sehingga membuat posisi mereka bahkan tidak nyaman terhadap dirinya sendiri. Seperti yang tertulis dalam halaman 10-13 dimana Rose Heart memotivasi perempuan untuk menikmati hubungan yang mereka jalani bukan mengkhawatirkannya. Karena biasanya perasaan asyik yang timbul dalam masa pendekatan berubah menjadi rasa khawatir ketika hubungan sedang berlangsung.

Tetapi tidak semua artikel berisi mengenai kritikan atau kata-kata yang menohok. Dalam How Many Hugs in Total Do You Get in Your Life saya malah menemukan kehangatan. Kita seperti diingatkan bahwa sebuah pelukan bisa menghangatkan hubungan antar manusia tanpa banyak diisi oleh kata-kata.

Saya tidak akan menulis banyak tentang buku ini. You must own and read this book by yourself ! Baik untuk para pria yang sedang mencari jalan untuk memahami wanita ataupun untuk wanita baik dalam kondisi bahagia atau sebaliknya.

Kelihatannya berlebihan ya? Menurut saya sih tidak. Saya penggemar buku dan jarang saya menemukan sebuah buku yang membuat saya tidak sabar untuk membuka lembar lainnya. Buku ini salah satunya. Buat kalian yang sibuk, jangan khawatir untuk tidak bisa menyelesaikannya. 1 artikel rata-rata bisa dihabiskan 10-15 menit. Jadi buku berisi65 artikel ini bisa berharga ketika kamu sedang menghabiskan waktu menunggu seseorang atau dalam perjalanan menuju suatu tempat didalam kendaraan.

Have a good day folks!

Postingan ini dibuat untuk mengikuti Kompetisi Risa Amrikasari Especially For You. Masih ada waktu loh kalau kamu ikutan. Lihat saja postingan lombanya di blog  Rika Amrikasari.


(Foto Narsis megang buku tetap muncul hihihi~)

”The

19 thoughts on “Kompetisi Risa Amrikasari Especially for You

  1. Kayaknya bagus ini mas. Saya pengen beli juga jadinya, penasaran seperti apa sih ciri laki-laki bajingan menurut doi, kira2 pas ga dengan perkiraan saya.

  2. @Mariska: asli bagus kok 🙂

    @perawan desah (doh namanya 😛 ) : menang gak menang yg penting sdh resensi dung hihi~

    @Wandhi : kl murni SEO saya juga gak bakalan ikutan 😛

  3. Menarik, Dut. Aku jadi pengen beli.

    Oh ya Dut, rada out of topic nih. Feed dari blogmu ini nggak muncul di Google Reader aku, padahal aku udah menahbiskan diri untuk mem-follow blog.didut.net via dashboard Blogger-ku. Kenapa yah?

  4. @Vicky : hmmm ..kenapa yah? tadi aku test masukin di reader sih jalan ..kl sampe update yg berikutnya msh belum jalan kasih tau ak deh 🙂 Thanks vick

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *