Urban Jazz Cross Over Part Semarang

Jarang-jarang bisa melihat beberapa musisi kaliber tanah air seperti Kikan, Ello, Ipank dan Indra Lesama bermain didalam 1 panggung. Makanya kesempatan yang ditawarkan oleh Pitra untuk mendapatkan tiket gratis nonton Urban Jazz Crossover yang disponsori Dji Sam Soe lewat milis Kopdar Jakarta tidak saya sia-siakan.


Urban Jazz Crossover adalah perpaduan beberapa jenis genre penyanyi yang dicampur dengan bautan musik Jazz. Makanya tidak heran jika para penonton sangat familiar dengan lagu-lagu yang dibawakan. Seperti ‘inilah cinta’ oleh Drew. Drew dengan sangat baik membawakan beberapa lagu pembukaan yang dikenal baik oleh penonton sehingga adrenalin naik dan siap untuk pertunjukan utama.


Selanjutnya Ipank (seperti biasa) dengan kekuatan vokalnya mampu mengajak penonton berjingkrakan. Apalagi setelah Dewi Sandra tiba-tiba keluar dan menyanyikan ‘bete ah’ duet dengan Ipank.

Setelah itu Maylaffayza sempat menyajikan sebuah lagu dan tiba-tiba penonton histeris karena Sandy Sundoro keluar. Rupanya Sandy merupakan salah satu penyanyi yang ditunggu-tunggu penonton malam itu. Sandy berhasil membius para penonton malam itu dengan vokalnya yang prima.


Tiba-tiba saja sang maestro jazz, Indra Lesmana keluar ke panggung dan berpadu dengan vokal Sandy. Kelihatan Indra Lesmana ingin menarik adrenalin penonton keluar dengan permainan pianonya yang sangat tajam dan ‘jazzy’.

Kikan merupakan penyanyi yang keluar kemudian. Kikan membawakan lagu-lagu yang berirama lembut dan bossanova untuk menrunkan tensi penonton. “Luka lama” dibawakan dengan balutan jazz yang sangat kental.

Dan suatu kejutan untuk saya karena tidak tahu siapa saja penyanyi malam itu, ketika musisi gaek Achmad Albar keluar membawakan Panggung Sandiwara. Rupanya suara musisi gaek ini masih cukup powerfull. Dan lagu panggung sandiwara ini dipadu dengan suara yuyun – ehtnic voice yang buat saya tidak biasa sehingga sempat membuat saya bertanya genre dari lagu yang dibawakan.


Kali ini Ello dijadikan penampil penutup pada perhelatan Urban Jazz Crossover part semarang kali ini. Penampilan Ello cukup membuat penonton wanita histeris malam itu. Komunikasi Ello pun cukup baik dengan penonton.


Saya pikir setelah sajian Ello berakhir kamipun akan beranjak pulang. Ternyata tidak, kejutan lainpun datang. Para bloggers diberikan sesi ruang khusus untuk meet & greets dengan para penampil. Kali ini ada Ipank-Kikan-Sandy Sundoro-Maylaffayza & Yuyun. Wow, kejutan yang manis.

Saya sempat menanyakan beberapa hal kepada semua penampil. Ipank mengatakan bahwa pertunjukan malam itu para penampil menyajikan gayanya masing-masing tanpa perubahan hanya dipadu dengan Jazz. Dari meet & greets ini saya juga tahu kalau Sandy Sundoro mempunyai keluarga di Semarang.


Pertunjukan yang mengesankan malam itu. Semoga bisa bertemu lagi di Urban Jazz Crossover berikutnya.

6 thoughts on “Urban Jazz Cross Over Part Semarang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *