Dibawah keindahan Soccer City Stadium, akhirnya Piala Dunia 2010 berakhir. Seperti biasa piala dunia penuh dengan drama dan aksi seperti yang tersaji di final Piala Dunia tahun ini. Pertandingan Spanyol melawan Belanda seperti anti klimaks kalau buat saya. Spanyol yang bermain sangat indah dan ngotot sewaktu melawan Jerman seperti diredam oleh permainan Belanda yang keras cenderung mendekati brutal.

Karena saya bukan fans kedua tim, akhirnya saya lebih bisa untuk menikmati pertandingan secara lebih fair. Melihat 2 peluang bersih yang gagal dikonversi menjadi gol oleh Arjen Robben saya agak khawatir juga kalau akhirnya sepakbola pragmatis akan memenangkan piala dunia kali ini.

Kenapa harus khawatir? Karena kalau Belanda yang memenangkan piala dunia, dunia sepakbola akan melihat bahwa sepak bola pragmatis ala Maurinho yang akan selalu menjadi juara. Dan akibatnya bisa ditebak akan semakin sedikit tim yang memainkan sepakbola menyerang ala Spanyol atau Barcelona.

Spanyol memang pantas untuk menjadi juara untuk Piala Dunia 2010. Walau kalah di pertandingan pertamanya mereka akhirnya bisa memperbaiki diri dan melaju hingga final.

Spanyol juga sudah mengalahkan tim-tim terbaik untuk melaju hingga final dari Portugal hingga Jerman. Dan mereka konsisten dengan sepakbola menyerangnya walau sempat mengubah formasinya ditengah perjalanan menuju final.

Selamat untuk Spanyol dan mari kita tunggu aksi dan drama selanjutnya 2 tahun lagi di Piala Eropa 2012!

Picture Courtesy: Getty Images & Metro UK