Dulu sewaktu kerja di LSM Lingkungan beberapa kali dalam setahun saya pasti mengunjungi Karimunjawa. Lokasi diving maupun snorkeling yang paling dekat dengan Jawa Tengah. Sejujurnya saya punya sedikit trauma dengan air tetapi karena keindahan isi laut akhirnya saya beranikan juga snorkeling di tengah laut yang dalam.


Perasaan waktu snorkeling ditengah laut adalah kita merasa kecil sekali dan ciptaan Tuhan begitu besar. Melayang di air dan melihat keindahan alam puluhan meter ke dalam membuat jiwa seakan melayang dan kosong. Ini beneran loh gak bohong soalnya waktu pertama kali nyobain snorkeling dan melihat ke bawah puluhan meter, saya merasa kecil sekali dengan laut yang sangat-sangat besar.

Dasar saya traveler wannabe, kemarin-kemarin  saya iseng-iseng browsing soal tempat-tempat menyelam terkemuka di Indonesia. Well, bukan iseng-iseng sih soalnya saya searching waktu mau ikutan suatu program jalan-jalan yang dibayari ituh tapi tidak lolos.

Waktu saya cari soal tempat-tempat menyelam ini kebanyakan saya temukan informasinya melalui Indonesia Travel, salah satu situs resmi tentang wisata di Indonesia. Banyak banget informasi yang reliabel tentang wisata laut di Indonesia yang kebanyakan kontennya datang dari orang di luar Indonesia. Sayang sekali, apa karena mungkin orang kita tidak suka dengan jalan-jalan ke laut yah?

Kembali lagi soal laut, Indonesia memang kaya dengan keindahan lautnya. Dari Bunaken hingga Raja Ampat. Bunaken dengan 91 jenis ikan, 13 jenis terumbu karang dan sekitar 20 titik penyelaman merupakan salah satu surga untuk para penyelam atau pencari keindahan laut.

Laut Bunaken

Bunaken terletak 8 Km dari pelabuhan Manado dan secara administratif masuk dalam wilayah Manado, Sulawesi Utara. Cukup jauh tetapi memang pemandangan lautnya sangat indah dan sepertinya menghabiskan uang untuk kesini masuk dalam daftar jalan-jalan saya suatu saat nanti.

Untuk mencapai Bunaken kamu bisa menggunakan kapal feri dari Pelabuhan Manado yang berangkat setiap jam 2 siang setiap harinya. Tersedia banyak homestay kok di Bunaken jadi jangan khawatir untuk kekurangan tempat tinggal yang murah.


Daftar no dua saya untuk jalan-jalan ala penyelam adalah ke Raja Ampat. Katanya sih Raja Ampat menawarkan pemandangan laut terbaik didunia.  Saya masukkan ke daftar no 2 karena letaknya dekat Irian sana yang membuat saya agak meragu apakah bisa kesana suatu saat nanti.

Bagaimana tidak menjadi yang terbaik didunia?  540 jenis terumbu karang dan lebih dari 1000 jenis ikan karang menjadikan Raja Ampat sebagai ‘perpustakaan’ dunia untuk terumbu karang. Plus 75% dari spesies dunia ada disini berdasarkan laporan dari The Nature Conservancy and Conservation International.

Sebetulnya benar juga kata teman-teman saya yang bule itu terutama Alicia yang memang hobbynya jalan-jalan. ‘Ngapain juga kamu pengen ke luar negri kalau di Indonesia sendiri banyak sekali tempat yang indah-indah yang mungkin tidak bisa kamu kunjungi semuanya dalam 1 umur hidupmu‘ katanya.  Duh, harus nabung berapa tahun yah buat sampai Bunaken?

Selamat menjaga mimpi untuk  jalan-jalan bung !

Sumber Gambar: