Air Putih dan Manfaatnya

Tiba-tiba kepikiran membuat postingan ini, sekali-sekali posting yang agak serius hihi~ . Dulu @oelpha pernah tanya soal air putih ini. Aku bilang sebaiknya membiasakan diri untuk minum 2 gelas air putih setiap kali kita minum 1 gelas kopi atau teh.

Logikanya sih air putih ini akan mengencerkan kembali darah kita yang mengental supaya aliran darahnya lancar. Ini suka saya dengar kalau gagal donor darah di PMI :GRINZ:.

Dulu pernah sekali gagal donor darah karena darahnya terlalu pekat gara-gara malamnya makan jeroan terlalu banyak. Tips dari staff PMI, minum air putih aja yang banyak kalau makan atau minum yang ‘berat-berat‘ supaya kondisi darahnya kembali normal dan lancar.

Pada dasarnya sih kalau tubuh kekurangan cairan sampai lebih dari 2% saja itu sudah dianggap dehidrasi. Agak serem sih dengernya karena tubuh manusia mengandung 55-75% air. Dan berapa dari kita yang sadar atau otomatis minum air putih sebanyak 8 gelas/hari? :lirik yang mengacungkan tangan: Pasti gak banyak. Kalau yang otomatis minum kopi atau teh sih pastinya banyak :nyengir:

Memang tandanya kita sudah dehidrasi sepeti apa? Paling mudah kalau kita terasa haus. Nah, haus itu sebetulnya tanda-tanda awal kalau badan kita sedang mulai kekurangan cairan dan butuh asupan air.

Memang dehidrasi berbahaya? Hasil dari googling dan baca-baca menghasilkan:

  1. Ternyata sekitar 12-15% populasi menderita batu ginjal karena berbagai faktor dan sebagian besar karena kebiasaan minum yang kurang. E buset, 15% dari populasi loh?
  2. Ada hasil studi di Seatle yang menunjukkan perempuan yang minum air lebih dari 5 gelas/hari risiko terkena kanker usus besarnya akan turun 45% dibandingkan dengan mereka yang minum kurang dari 2 gelas/hari. Lebih banyak minum air putih bisa menurunkan potensi terkena kanker? Owkey.
  3. Ada bukti pada kelompok anak dan dewasa terdapat hubungan jumlah air yang dikonsumsi dengan pencegahan terjadinya obesitas, karena minum banyak air dapat mengurangi rasa lapar. Kalau dibaca dengan kalimat yang lain berarti banyak minum air putih sama dengan  menurunkan berat badan dung ah :langsung nafsu minum air putih:

Saya sendiri memang sudah terasa beberapa saat yang lalu kalau lambung mulai tidak kuat menerima kopi. Sebelumnya minum kopi 2 gelas/hari sih enteng saja. Sekarang setelah gelas kedua, lambung terasa ada yang aneh.

Makanya akhir-akhir ini meng-otomatiskan diri untuk minum banyak air putih. Walau pada awalnya akan seperti olahraga soalnya bakal sering ke kamar mandi hahaha~ Tapi kata @escoret kalau sering-sering buang air kecil itu tandanya tubuh sedang membersihkan diri dari racun yang ada ditubuh. Logika yang bisa diterima.

Dan tiba-tiba tidak tahu kenapa  pagi ini @akusukamasak nge-tweet ini:

Weks, jadi ternyata banyak yang potensi penyakit yang bisa terjadi hanya gara-gara kita kekurangan air putih.

Jadi kamu udah minum berapa gelas hari ini? Saya minimal udah minum setengah ceret gede loh :bangga mode on:

24 thoughts on “Air Putih dan Manfaatnya

  1. untungnya daku memang tukang minum air putih. Tapi dengan asupan kopi dan teh yang bercangkir-cangkir, sepertinya masi perlu nambah lagi deh..

    *sangu galon*

  2. mendadak pengen ngopi…

    btw,, nanya sekalian mas.. kalo banyak minum air putih bisa berpengaruh dng kulit gak ? i mean, bisa tambah putih gitu ?

    *dibalang poci*

  3. aku malah bisanya minum air putih mas.. kopi, teh ga terlalu suka. pol2an susu dehh
    *eh doyan banget mah kalo susu :mrgreen:

    pokoknya tiap kemana2 biarpun cuma 2 jam, wajib bawa sebotol air putih. 😀

  4. jasa buat acount google adsense hanya 30rb, bisa diblog bhs indonesia, berminat? call/sms 02168936593, setelah acount jd.. baru byr..

  5. Nah, karena itu saya mending minum air putih yang banyak ketimbang nyamil biskuit. 😀 Mending bolak-balik ke WC ketimbang harus mengisi perut dengan makanan ringan. Kadang, otak kita salah membaca haus sebagai lapar. Jadi, hanya dengan minum harusnya kita bisa menunda lapar. 🙂

  6. Ahemm…. air putih baikk… tp katanya… kalo kelebihan juga ga baik.. 🙁 kalo kita dah buang air kecil lebih dr 3000cc berarti.. ginjal kita kerjanya terlalu keras….jadi, sebaiknya minum air putih minimal 8 gelas supaya ga dehidrasi, dan tidak lebih banyak dari 5 liter… karena.. sesuatu yang terlalu banyak itu… tidak baik…
    Be healthy Guys,,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *