Berbagi Pengetahuan Berbagi Ide di Semarang

Malam ini gw sadar kalau di Semarang ternyata banyak kegiatan berbagi pengetahuan dan ide namun belum terpublish secara lebih luas didunia maya.

Senin Bercerita dan Buket For Us
Hari ini gw diundang untuk berbagi cerita di Buket Koffee & Jazz di acara Senin Bercerita.

Senin bercerita adalah talkshow santai yang konten isinya membahasa fenomena sosial yang sedang terjadi di sekitar kita.bertujuan untuk dapat memberikan informasi bagi siapa saja yang terlibat didalamnya
Dibawakan seorang pembicara yang kami sebut ” pencerita “.

Senin bercerita merupakan agenda rutin sebulan sekali dari buket koffee + jazz.

Jadi hari ini gw bercerita tentang kegiatan berbagi yang ada di Semarang dan believe me ternyata acara berbagi di Semarang itu banyak sekali. Nanti gw share satu-satu yah.

Selain itu Buket juga masih mempunyai Buket For Us yang formatnya ditujukan untuk komunitas-komunitas yang ada di Semarang untuk berbagi mengenai kegiatan mereka.

Kedai Buket Coffee  Jazz ini memang mempunyai banyak kegiatan berbagi. Kapan-kapan gw share lagi yang lain yah.

RoTIFreSh (Return of Tuker Ilmu Freedom of Sharing)
Kalau kamu aktif online di Semarang sih harusnya tau yah event ini *PD amat nih gw =)) * Sebulan sekali kita bikin di Hotel Santika Premiere dengan tema yang berganti-ganti setiap bulannya tetapi menyangkut dunia online pastinya dan FREE!
Undangan sih biasanya disebar melalui Facebook. jadi kalau ada yang mau ikutan pantengin terus yah Facebook Group Page RoTIFreSh nya.

Pecha Kucha Semarang
Pecha Kucha ini awalnya suatu bentuk sharing yang di bawa dari Jepang lalu menyebar ke seluruh dunia. Penyaji materi diberi batasan 20 slide dengan 1 slidenya 20 detik. Mereka hanya diberikan waktu total 400 detik untuk menyajikan materi sharing mereka.

Jadi bisa dibayangkan para penyaji harus benar-benar kreatif untuk menyajikan materi lisan mereka. Untuk Semarang update Pecha Kucha bisa diikuti melalui blog ini.

Forum Wedangan
Ini forum sharing yang diadakan oleh Jaringan Rumah Usaha (JRU). Salah satu komunitas wirausaha paling aktif di Semarang. Untuk saat ini forum wedangan masih terbatas untuk anggota JRU dan jaringannya, tetapi sih menurut kabar JRU akan segera membuka diri untuk umum. nantikan saja tanggal mainnya ^^ .

Bentuk sharingnya serius tapi santai ala Semarangan. Hampir tiada batas antara peserta dan pemberi materi. Semua dibawakan dengan ringan. Dan temanya tentu saja tentang kewirausahaan.

KOBER (KOpdar BERmutu)
Ini kopi darat & sharing ala Loenpia. Komunitas blog pertama di Kota Semarang. Awalnya KOBER dibuat (pembicara) dari Loenpia dan (untuk) anak Loenpia. Tetapi sekarang sudah terbuka untuk umum.

Kamu bisa update undangannya di google group page KOBER.

Akademi Berbagi Semarang
Last but no least tentu saja Akademi Berbagi Semarang. Berbentuk kelas atau workshop dengan jumlah peserta yang dibatasi (sekitar 30 peserta) dengan variasi tema yang sangat lebar tergantung dari pembicara atau guru yang mau berbagi ilmunya.

Update akademi berbagi sementara bisa diikuti melalui twitter Yuki Afriani, kepala sekolah Akademi Berbagi Semarang

Tuh hitung sendiri deh ada berapa kegiatan berbagi ilmu di Semarang. Banyak khan?!?  Jadi mulailah datang dan suatu saat juga ikut berbagi ^^ .

10 thoughts on “Berbagi Pengetahuan Berbagi Ide di Semarang

  1. @Fenty : Di Surabaya ada khan fent?

    @Moyen: ayo moyen ada banyakkkk ^^

    @Daeng Ipul : ditunggu daeng di SMG 🙂

    @Om Yahya : hmm nunggu tema yg maknyos om hihihi~

    @Warmorning : ditunggu ommmm :))

    @Nicowijaya: apalagi Jogja, byk yg keren keren 🙂 .. pengen kek Jogja yg hidup nic 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *