Makko, Cintailah Komik Lokal !

Mungkin sudah terbiasa buat saya untuk menunggu penerbitan Naruto, komik asal Jepang publish setiap minggunya. Tetapi yang tidak biasa saya juga menunggu penerbitan komik-komik lokal setiap minggunya melalui Makko. Ada yang belum tau soal Makko?

Apa Itu Makko

Makko merupakan sebuah publisher komik online yang menerbitkan komik-komik lokal buatan artis komik Indonesia. Mereka menamakan dirinya Majalah Komik Online. Semua komik yang ada di portal Makko bisa dibaca secara online dan semuanya GRATIS !

Komik yang ada di Makko memang harus dibaca secara online dan tidak bisa didownload. Saya pikir itu adalah ‘harga’ yang harus dibayar oleh pembaca komik Makko, karena semuanya disediakan gratis maka kita juga harus mengunjungi portal Makko sehingga Makko tetap bisa bertahan.

Sempat baca di Intisari kalau mereka membayar artis-artis komik dalam negri untuk menerbitkan komik-komiknya sesuai jadwal yang sudah diset sebelumnya. Luar biasa ! Karena dengan begini meraka akan memulai untuk membuat industri komik lokal tumbuh secara bertahap dan artis komik lokal terbiasa untuk menerbitkan komiknya secara teratur.

Raibarong


Nah Raibarong adalah komik yang saya suka di Makko. Ada beberapa komik sih yang saya suka tetapi Raibarong ini adalah komik yang saya baca & suka pertama dari Makko. Mungkin karena saya penggemar komik dengan genre action, jadinya saya suka dengan Raibarong.

Dan karakternya juga tidak biasa, coba saja kamu baca disini.

So start to love your own country comics !

URL:
1. Portal Makko
2. Facebook Page Makko
3. Twitter Makko

10 thoughts on “Makko, Cintailah Komik Lokal !

  1. wah wah.. keren, srbagai orang yang suka komik saya ngerasa kuper banget menemui kenyataan bahwa saya baru tau >_<

    tapi sya baca komik lokal yang tercetak loh dari penerbit seperti xoloni

    okeh, cekidot ke tekape

  2. keren ya..
    komik lokal mulai menggeliat. cuma sepintas karakternya (dari segi penggambaran) masih niru karakter dari luar
    CMIIW

    harus lebih kreatif untuk membuat karakter sendiri yg betul2 berciri Indonesia

    1. ciri Indonesia itu yg kek apa daeng? =))

      tp at least sdh ada yg memulai ini krn industri komik indonesia lumayan menyedihkan loh … artis lokal kita malah di hire buat bikin komik luar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *