Korea Is Not Just a K-pop

Ya, saya cuma mau bilang musik korea tidak hanya melulu soal K-pop. Masih banyak musisi atau bahkan artis korea yang memiliki sense musik yang berbeda dari industri musik korea yang populer belakangan ini. Salah satu musisi yang paling sering saya dengar salah satunya adalah Clazziquai Project.

Clazziquai Project


Clazziquai lebih sering dikenal dengan nama Clazziquai Project. Grup musik dari Korea Selatan ini menurut saya unik karena menggabungkan acid jazz, house dan music electronic. ย Keunikan lain dari band ini adalah menyebarkan unofficial albumnya melalui media online pada tahun 2001 dan musik mereka diterima secara positif oleh masyarakat online korea yang lebih sering disebut sebagai ‘netizen‘.

Netizen (???) is a Konglish term for an internet user, often referring to a member of a group on the internet devoted to a specific purpose that gathers on a club or cafe online. It comes from the words Internet + Citizen. ~ Wikia Korea

Clazziquai tetap menjalankan grup bandnya secara indie sampai mereka melepaskan album pertamanya Instant Pig pada tahun 2004 dan terjual hingga 80.000 kopi. Sejak saat itu mereka menjadi sangat terkenal dan musiknya banyak digunakan untuk iklan TV ataupun film.

Formasi Band

Formasi awal band ini dimulai ketika DJ Clazzi-yang dikenal sebagai musisi jenius yang sanggup menggubah beberapa jenis suara menjadi 1 genre baru yang unik-berkenalan dengan Alex dan Christina Chu. ย Mereka bertiga kemudian bergabung untuk membuat 3 buah project album eksperimen yang dilepas secara online.

Alex – DJ Clazzi – Horan

Setelah mendapatkan reaksi positif dari para netizen akhirnya Clazziquai melepaskan album official mereka yang pertama ‘Instant Pig’. Album inilah yang saya dengar berulang-ulang melalui playlist Blackberry saya. Didalam album ini hampir semua musiknya easy listening. Menurut saya agak luar biasa perpaduan acid jazz, house dan electronic musik bisa menjadi musik yang easy listening.

Oh iya, grup ini dikenal sebagai project karena sejak lulus dari Capilano College, DJ Clazzi suka mengupload project musiknya melalui dunia maya. ย Dan karena netizen mengenal musik-musik DJ Clazzi sebagai musik eksperimen, maka Clazziquai dikenal sebagai sebuah group project

Komposisi Clazziquai sedikit berubah ketika Christina yang kebetulan juga adik dari Alex harus keluar dari band karena mempunyai pekerjaan di Kanada. Sejak saat itu Horan mengisi posisi Christina. … (klik ke pages berikut atau pages 2)

12 thoughts on “Korea Is Not Just a K-pop

  1. Ehiya… Baru tau ini, lumayan ๐Ÿ˜€

    Aku kalo gak dengerin lagu-lagu dari girl/boyband Korea, suka dengerin 10cm. Bagus-bagus juga lagunya ๐Ÿ˜€

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *