Lumpia: Enak, Rendah Kalori & Bergizi

Saya sudah beberapa kali menulis soal lumpia, bisa cek disini, disini dan disini juga hihi~ . Siapa yang tidak mengenal lumpia, sebuah makanan atau oleh-oleh yang sangat terkenal dari Semarang tetapi kali ini saya akan mengulasnya secara berbeda untuk teman-teman di Jelajah Gizi.

Sejarah Lumpia


Mungkin tidak banyak yang tahu, lumpia merupakan fusion (perpaduan) antara citarasa yang berasal dari Indonesia dan Cina. Jadi lumpia sebetulnya bukan citarasa asli dari Indonesia. Lumpia dibawa oleh orang Cina yang datang ke Indonesia dan menikah dengan orang Indonesia.

Lumpia dibawa oleh Tjoa Thay Yoe – Wasih yang kemudian berkembang menjadi beberapa aliran lumpia di Semarang seperti Lumpia Gang Lombok, Lumpia Mbak Lien maupun Lumpia Mataram. Semua aliran lumpia ini berasal dari 1 keluarga yang sama dan kemudian membuat cabang dan cita rasa sendiri di berbagai tempat di Semarang.

Menurut gw sih aliran lumpia-lumpia ini sama enaknya satu sama lain, hanya kebiasaan kita lebih menikmati yang mana yang membedakannya.

Resep Lumpia Semarang

Nah kali ini gw akan share resep lumpia semarang dan resep ini bisa disajikan untuk 8 orang :

Bahan
1. 20 lbr kulit lumpia siap pakai
2. Daun bawang cung

Isi
1. 75 gr udang cincang
2. 75 gr ayam cincang
3. 300 gr rebung dan diiris seperti korek api
4. 1 btg daun bawang lalu iris halus
5. 2 sdm kecap manis
6. 1/2 sdt garam
7. 1/2 sdt lada
8. 1 sdt gula pasir
9. 1 btr telur, kocok lepas
10. Minyak goreng

Bumbu Yang dihaluskan
1. 2 siung bawang putih
2. 2 sdm ebi
3. 4 bh bawang merah
4. 1/2 sdt garam
5. 1/4 sdt lada bubuk

Acar
Aduk rata:
1. 150 gr ketimun
2. 10 bh cabai rawit
3. 1 sdm gula pasir
4. 1/2 sdt garam
5. 1 sdt cuka

Saus
1. 2 siung bawang putih, cincang
2. 50 gr gula merah
3. 150 ml air matang
4. 3 sdm tepung sagu, larutkan
5. 1/4 sdt garam
6. 1 sdm minyak untuk menumis

Cara Buat
1. Panaskan minyak, tumis bumbu halus sampai harum, masukkan ayam dan udang, aduk sampai berubah warna. Masukkan rebung, daun bawang, kecap manis, garam dan lada, aduk dan masak hingga kering. Masukkan telur kocok, aduk-aduk, masak hingga kering, angkat dan dinginkan.
2. Untuk sausnya (yang ini khas dari Semarang) : panaskan minyak, tumis bawang putih hingga layu lalu tambahkan air dan garam. Rebus hingga mendidih. Masukkan larutan tepung sagu, aduk, masak hingga mendidih dan kental lalu angkat.
3. Ambil selembar kulit lumpia, beri 1 sendok makan adonan isi, lipat kedua ujungnya lalu gulung dan direkatkan sedikit saus.
4. Panaskan minyak, goreng lumpia sampai kuning kecokelatan, angkat dan tiriskan.

Cara Makan

Sebetulnya setelah diisi didalam kulitnya, lumpia bisa langsung dimakan tanpa digoreng karena semuanya sudah masak baik kulit maupun isinya. Di Semarang kita menyebutnya lumpia basah.

Dengan menikmati lumpia basah sebetulnya lebih sehat karena kita menikmati lumpia tanpa digoreng kering.

Kandungan Gizi

Kandungan gizi yang dimiliki oleh sebuah lumpia sangatlah baik karena sangat rendah kalori. Secara umum sebuah lumpia memiliki kandungan rata-rata dibawah 100 kalori. Sangat sehat kan?

Dengan kandungan kalori yang seperti ini, lumpia berarti sangat aman untuk disantap sebagai aman kalori atau dengan kata lain sangat aman untuk disantap oleh orang-orang yang sedang menjalani diet.

Jadi makanan khas nusantara apa yang sehat yang kamu tau?

Courtesy:
1. Tukang Makan
2. FatSecret

5 thoughts on “Lumpia: Enak, Rendah Kalori & Bergizi

  1. rendah kalori? Yang goreng pun? Yang di bawah 100 kalori tu yang basah apa yang goreng? Mbok ya siapa yang abis dari semarang aku dibawaiiin… Hehehe…

  2. Pingback: Menemukan Fitbar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *