Jangan Abaikan Nyeri Itu ..

Catatan: postingan ini aku buat dalam beberapa halaman ya biar tidak capek bacanya.

Ya kalau aku sih biasa tuh mengabaikan rasa nyeri di gigi kalau enggak sakit-sakit banget. Biasanya rasa nyeri ini muncul ketika kita menyantap makanan panas atau minuman dingin.

Kebiasaan abai ini sudah menjadi kebiasaan karena males juga periksa ke dokter gigi. Males buat janjinya, males nunggu periksanya hihihi~

Nah ternyata rasa nyeri pada gigi ketika kita meminum minuman dingin merupakan gejala gigi sensitif loh. Dan kalau gejala-gejala gigi sensitif ini terus diabaikan dampaknya bisa menjadi lebih serius.

Sakit gigi juga bisa disebabkan oleh akar gigi terbuka. Biasanya, akar lebih rendah adalah dua pertiga dari gigi yang biasanya dikubur di tulang. Racun bakteri melarutkan tulang sekitar akar dan menyebabkan gusi dan tulang surut, memperlihatkan akar. Kondisi akar terkena disebut “resesi.” Akar terbuka dapat menjadi sangat sensitif terhadap makanan dingin, panas, dan asam karena mereka tidak lagi dilindungi oleh gusi sehat dan tulang. ~ Wikipedia

Nah menurut data lagi ternyata 52% orang Indonesia tidak menyadari bahwa mereka memiliki gigi sensitif tanpa memeriksakannya ke dokter gigi (Ipsos Indonesia, 2011). Jadi natural kalau banyak dari kita sering abai terhadap rasa nyeri ini hihihi~

Sensodyne Expert Corner

Awareness ini aku dapatkan beberapa saat yang lalu ketika Sensodyne mengadakan gathering untuk memberikan pengetahuan tentang gigi sensitif ini.

Sensodyne mengundang beberapa onliner sehingga pengetahuan tentang gigi sensitif dapat tersebar lebih luas di dunia online maupun social media.

Untuk memberikan pengetahuan yang benar tentang gigi sensitif, acara sore itu dipandu oleh 2 dokter gigi yaitu drg. Yudha Rismanto dan drg. Ariandes Veddytaro (lebih dikenal dengan drg. Andes). Mereka share tentang fakta-fakta seputar gigi sensitif supaya kita bisa lebih aware gejalanya.

Gathering ini salah satu sosialisasi untuk menyebarkan informasi tentang Sensodyne Expert Corner. Sensodyne Expert Corner nantinya akan mengedukasi masyarakat untuk mengenali, memahami, dan merawat gigi sensitif

Narsis didepan gigi Sensodyne

Sensodyne Expert Corner ini rencananya akan dibuat dibeberapa kota di Indonesia seperti Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Solo, dan Surabaya. Untuk Kota Yogyakarta sudah dimulai dan diperkenalkan ke masyarakat pada 12 Oktober lalu di FKG UGM.

Fakta Gigi Sensitif

Beberapa fakta tentang gigi sensitif yang dishare oleh drg. Yudha dan drg. Andes adalah:

  1. 45% orang di Indonesia merasakan ngilu karena gigi sensitif saat mengonsumsi makanan/minuman dingin, panas, manis, ataupun asam (Ipsos Indonesia, 2011)
  2. Tidak perlu periksa ke dokter gigi untuk mengetahui kondisi gigi kamu sensitif atau tidak. Kamu bisa mengetahuinya dengan tes sederhana seperti chill test: minum saja air dingin lalu dikulum beberapa saat didalam mulutmu. Kalau gigi kamu nyeri itu dampak gigi sensitif.
  3. Penyebab paling umum gigi sensitif adalah hilangnya lapisan gigi atau kerusakan gigi secara mekanis akibat penggunaan sikat gigi yang terlalu keras atau penyikatan yang tidak benar.
  4. Mengkonsumsi makanan atau minuman asam berlebihan juga dapat menyebabkan erosi pada gigi dan mengakibatkan gigi sensitif.

15 thoughts on “Jangan Abaikan Nyeri Itu ..

  1. Ngilu kadang2 aja sih… gigi suka mood2an juga… kadang ngilu kadang enggak…cuma lbh banyak enggaknya…
    jadi kalo gituh gimana? butuh pake sensodyne ndak?
    kalo butuh tolong kirimin sampe jepang mas didut *semena2 *sedari awal intinya minta dikirimin huehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *