[Review] Geeknya Samsung Galaxy Note 3

Hari Sabtu kemarin saya dan beberapa teman blogger diundang launching Samsung Galaxy Note 3. Acara launching ini juga merupakan acara penjemputan Samsung Galaxy Note 3 oleh pembeli yang sudah melakukan pre-order sebelumnya. Cukup unik karena pembeli diberikan beberapa kali sesi training untuk menggunakan Samsung Galaxy Note 3 mereka. Menurut saya sih ini bagus untuk mempercepat pengguna untuk mengoptimalkan gadget mereka dibandingkan mereka harus mencari tahu sendiri apa saja fungsi yang bisa mereka gunakan.


Saya sudah agak lama menjadi pengguna Samsung (saya menggunakan Samsung Galaxy Tab 2) oleh karena itu merasakan sekali perbedaan dan peningkatan teknologi yang mereka gunakan untuk Samsung Galay Note 3 ini.

Lebih Besar & Lebih Ringan


Untuk pengguna Samsung sangat terlihat kalau design seri terbaru ini memang seri Note, dengan ukuran yang lebih besar dari seri terdahulu. Dengan layar 5.7 inchi dan full high-definition screen , sedikit lebih besar dari Galaxy Note 2 dengan layar 5.5 inchi.

Diluar ukurannya yang lebih besar, Samsung Galaxy note 3 membawa berat yang lebih ringan. Dengan ketebalan 8.3 mm dan berat hanya 168 gram. Sangat handy untuk dibawa dan dipegang dengan 1 tangan.

Untuk sebuah smartphone dengan harga yang premium, layar didalam seri ini mempunyai tampilan yang terang, sangat berwarna dan juga sangat responsif.  Dan S-Pen stylus Samsung Galaxy Note 3 jelas memberikan dimensi lain didalam penggunaannya.

Seri Note ini juga mempunyai pilihan 4G LTE untuk berhubungan dengan jaringan internet kecepatan tinggi walau sayang dinegara kita belum ditawarkan jenis koneksi ini.  Design dibagian belakang diberikan efek bahan kulit dan jahitan sehingga kesan lux sangat terasa.

S-Pen stylus Samsung Galaxy Note 3 & Air Command

S-Pen merupakan salah satu highlight dari Samsung Galaxy Note 3. Menjadi highlight karena perluasan fungsi dari S-Pen. Segera setelah mencabut S-Pen dari lubangnya, lingkaran Air Command akan segera muncul dilayar.


Dari training ini saya juga mengetahui untuk menampilkan Air Command. Selain mencabut S-Pen dari lubangnya, juga bisa dengan meletakkan S-Pen diatas layar (tanpa menyentuh layar) dan memencet sebuah tombol disamping S-Pen tersebut. Lingkaran Air Command memberikan shortcut menuju beberapa fungsi yang sangat penting di seri ini.

Tentu saja fungsi dasar dari S-Pen stylus Samsung Galaxy Note 3 untuk menulis pesan ataupun sebuah memo. Tetapi catatan yang kita tulis bisa menjadi sebuah pencerahan. Contohnya ketika kita ingin menelpon seseorang, dari memo yang kita tulis cukup menekan ikon telpon dari Air Command dan Samsung Galaxy Note 3 dengan segera akan mengenali memo yang berupa angka sehingga kita bisa melakukan telpon dengan segera.

Selain fungsi telpon terdapat juga fungsi email ataupun search dari sesuatu yang kita tulis. I was amazed with this technology. Kita hanya menuliskan alamat email, no telpon atau apapun yang kita inginkan, sisanya akan berjalan hanya dengan menekan ikon yang kita butuhkan.

Didalam lingkaran Air Command ini juga tersedia pilihan untuk Scrapbook apps.  Sebuah aplikasi untuk menyimpan segala sesuatu dari sebuah gambar, bagian dari sebuah situs yang kita cari, teks sampai sebuah video youtube. Caranya? hanya dengan melingkari bagian yang kita ingin simpan dan menyimpannya didalam aplikasi ini.

Dengan S Finder kita bisa mencari segala sesuatu berdasarkan kata kunci untuk semua jenis file, dari no yang kita simpan sampai musik ataupun foto. Oleh karena itu didalam Samsung Galaxy Note 3 ini kita bisa memberikan tag untuk semua jenis aktivitas yang kita lakukan.

Multitasking

Apalagi yang diharapkan setelah fungsi Air Command muncul? Samsung Galaxy Note melaju 1 level diatas smartphone lainnya dengan multitasking apps. Seri ini seakan-akan menantang: mengapa harus berhenti pada 1 aplikasi jika kita bisa menggunakan beberapa aplikasi secara bersamaan.


Dengan multi window, kita bisa memecah layar menjadi 2 layar dan melakukan drag and drop dikedua layar ini. Tidak ada lagi jeda untuk copy-paste teks, gambar dan lainnya. Ini merupakan hal baru untuk smartphone jenis apapun. Jika kita pengguna aplikasi chatt, kita bisa melakukan percakapan dengan 2 orang disaat yang bersamaan tanpa melakukan pergantian layar.

Jadi apakah menjalankan 2 aplikasi disaat yang bersamaan menjadi batas Samsung Galaxy Note 3? Sepertinya kita meremehkan Samsung Galaxy Note 3 jika hanya bisa menjalankan 2 aplikasi secara bersama-sama.

Dengan prosesor Samsung Galaxy Note 3 Quad core 2300 MHz Krait 400; system chip Qualcomm Snapdragon 800 MSM8974; system memory 3072 MB RAM, kapasitas penyimpanan 32 GB yang bisa diperbedar sampai 64 GB, kita bisa membuka aplikasi lain secara bersamaan dengan fasilitas quick apps tanpa mengganggu aplikasi utama yang sedang kita jalankan.

Kita bisa menulis email sambil menghitung anggaran dengan kalkulator hingga mencari kontak dengan phone dialler. Caranya cukup mudah: panggil Air Commad dengan S-Pen, pilih fasilitas quick apps dan gambar kotak diatas layar dimana aplikasi ini ingin dimunculkan. Kalau kamu sudah selesai kamu hanya me-minimize apps ini hingga suatu saat kita butuhkan kembali.

Apakah segala macam fasilitas ini sudah selesai? Suprisingly belum, Samsung Galaxy Note 3 punya kejutan lain berupa Galaxy Gear !

Galaxy Gear


Akhirnya Galaxy Gear masuk dalam kompetisi smartwatch. Galaxy Gear ini memang dipasangkan dengan Samsung Galaxy Note 3. Galaxy Gear ini dipersiapkan untuk bisa melauncurkan 70 aplikasi didalamnya. Ini bukan angka yang main-main untuk sebuah smartwatch.

Dengan blue tooth, Galaxy Gear bisa disync dengan Samsung Galaxy Note 3 untuk menampilkan update seperti email dan pesan yang masuk . Ini seperti menempelkan sebuah android tambahan di tangan kita.

Dengan kapasitas baterai 315 mAh dan layar LED 1,63 inchi sepertinya cukup untuk memberikan 1 hari penuh beraktivitas dengan Galaxy Gear tanpa kehabisan baterai.

Konklusi

Karena pasar smartphone semakin besar dan variatif, Samsung Galaxy Note 3 menjadi suatu pencerahan diantara smartphone pesaing lainnya. Sungguh bagus melihat sebuah device melakukan kemajuan teknologi secara berbeda dengan device pesaing lainnya. Tidak hanya semakin besar secara ukuran akan tetapi juga semakin besar didalam memberikan sebuah dimensi fungsi dan kegunaan.

Sebagai penutup, kalau kamu masih merasa bingung setelah membaca seluruh postingan saya, coba kamu lihat video dari youtube berdurasi 6,5 menit ini. Luangkan waktu selama 6 menit dan kamu akan mengerti ke-geek(an) dari sebuah Samsung Galaxy Note 3. Happy watching guys ! ^^

Courtesy:
Foto
1. Android Police
2. CNET
3. Allthingsd

Video
1. Samsung Mobile

Situs
1. Samsung Global

31 thoughts on “[Review] Geeknya Samsung Galaxy Note 3

    1. wahahaha gak ikut-ikut kalo soal itu, hmmm mungkin butuh bikin blogger gathering lagi yak pul .. blogger gadget sapa lagi sik? *masukin ide buat agencynya* hihihi

  1. Aku beberapa kali liat video nya, galaxy gear nya itu nuruti seler fashion ato tekno ya. Rempong ndak sih kalo punya keduanya.

    Dan review didut ini mencoba menjebolkan tabungan. Close ah… ntar pengin beneran

  2. wuoh! Jadi bagian belakangnya yg kulit itu default? bukan kondom?
    kayak keren ik 😀

    besok deh, kalo udah bosan sama HTC aku beli yg ini..dua sekaligus
    paling gak sampe 10 juta kan sebijinya?

    #horangkayah
    =))

  3. kemecer sih pasti banget, secara aku mengklaim diriku orang paling hepening di Semarang, tapiiiii ….

    bakal nguras tabungan deh, kalo perbijinya aja 8jutaan … huft …

    *nunggu ada lomba puluhan jeti dulu*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *