Viral: Secepat Mungkin – Cek Dan Ricek

agnes-monica-2483

Update: ternyata tweet yang pertamakali dinaikkan sudah dihapus oleh pemilik akunnya.

Berita selebriti memang sangat menarik buat tweetlander untuk di sebarkan secepat mungkin. Lihat saja timeline tadi malam:

 

 


Nah ketika membaca sebuah berita di timeline biasanya saya melakukan cek dan ricek. Apakah berita tersebut benar-benar terjadi. Di jaman social media yang serba cepat saat ini, cek dan ricek menjadi hal yang sangat langka untuk dilakukan. Jari lebih cepat untuk meng-RT atau menyebarkan berita tersebut secepat mungkin tanpa klarifikasi yang bisa kita lakukan secara sederhana.

Kecepatan update timeline menjadi godaan terbesar bagi penggunanya untuk menyebarkan berita apapun terutama berita yang buruk. ย Apalagi sekarang ada lingkaran social media yang lebih kecil seperti Path. Persebaran informasinya menjadi lebih cepat karena berita yang diunggah akan selalu termonitoring oleh penggunanya.

Berita yang tidak penting seperti perubahan bentuk badan seorang Agnes Monica saja bisa menjadi bahan rusuh di Path dan kemudian tersebar ke lingkaran social media yang lebih luas seperti twitter.

Tetapi kekuatan viral di social media juga tidak selalu jelek. Saya banyak terbantu oleh teman-teman di social media ketika saya membutuhkan informasi ataupun ketika orang lain membutuhkan pertolongan seperti ketika membutuhkan darah langka untuk operasi. Saya masih terkesima sampai sekarang bagaimana kecepatan social media untuk menemukan bantuan tersebut.

Jadi teman ketika kamu menemukan berita yang kesannya bombastis atau jelek melalui social media, diverifikasilah terlebih dahulu. Kalau merasa tidak yakin benar ya tidak usah disebarkan beritanya. Tetapi memang godaan untuk menyebarkannya lebih besar. *grinz*

Have a good Monday tweeps ! ^^

Courtesy:
1. gambar nyolong dari KapanLagi hihihihi~

30 thoughts on “Viral: Secepat Mungkin – Cek Dan Ricek

  1. Iya nih, karena social media semua bisa jadi jurnalis online. Penyebaran berita yang ada seringkali belum dikonfirmasi terlebih dahulu.

    Masalahnya berapa banyak yang mau cross-check berita sebelum RT? Gak banyak. Wong RT tinggal klik doang, ngapain repot-repot konfirmasi?

    Makanya ada istilah the clicking monkeys…

  2. Begitulah dinamika linimasa dut…

    #kopipes

    Musti belajar dari pengalaman sih, udah berapa kali kena berita hoax semacam orang meninggal gitu, emang harus selalu cek dan ricek sih

  3. Aku pernah kapok nyebar foto dari bbm ke twitter tentang kelud kemarin. Ternyata fotonya hoax. Padahal itu dari mbakku sendiri. Mbakku dari temennya, nah temennya itu mungkin dari temennya yg lain. Haduuuuh…

    *berubah jadi monyet*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *