Kemarin sore saya bertemu Shabrina dan Nita dari Zomato, sebuah aplikasi kuliner yang sedang mengembangkan sayapnya di Indonesia. Ajakan meetup dari zomato sambil berbuka puasa tentu saja tidak saya lewatkan karena zomato banyak saya gunakan untuk mencari rekomendasi tempat makan akhir-akhir ini.


Awalnya saya tidak terlalu ngeh dengan aplikasi mobile zomato karena saya banyak menggunakan zomato untuk membaca review tempat makan ataupun info lokasi tempat makan melalui browser. Ya, zomato tersedia dalam bentuk website dan juga aplikasi mobile.

Kali ini saya akan mereview aplikasi zomato untuk android. Saat ini zomato tersedia untuk mobile berbasis windows, android, apple maupun blackberry. 4 mobile OS yang menguasai pasar dunia saat ini.

Rekomendasi

Kalau kamu tidak tau mulai dari mana untuk menggunakan zomato atau tidak ada ide tempat makan kamu bisa mengklik beberapa kategori rekomendasi di halaman paling depan.

Trending this week menurut saya kategori yang paling menarik. Dengan mengklik tombol ini kita akan mendapatkan lokasi kuliner yang paling banyak direview oleh pengguna zomato. Dari trending of this week kita bisa menemukan tempat makan yang tidak terduga seperti warung nagih yang bahkan sebelumnya saya tidak tau ada di area Mampang.


Jadi kalau kamu benar-benar tidak tau hendak makan kemana tekan saja tombol trending this week. Selain itu ada juga tombol nearby buat mencari lokasi-lokasi kuliner yang berada dekat lokasi kita saat kita membuka zomato. Tombol yang sangat fungsional untuk orang-orang yang malas bergerak dari lokasi tempat tinggalnya hahaha~

Informasi Lengkap


Didalam halaman informasi outletnya disajikan dengan lengkap. Kita bisa melihat dengan mudah dari menu (penting untuk mengatur budget), alamat beserta detil lokasi (yang bisa diconnectkan dengan google map), foto outlet sehingga kita bisa memperkirakan apakah lokasi yang dituju sesuai dengan yang kita inginkan sampai ke tombol call jika kita mau menelpon outlet langsung untuk reservasi atau sekedar bertanya.


Informasi lain yang kita bisa lihat adalah jenis makanan yang disajikan hingga perkiraan budget yang akan kita habiskan. Sampe jam buka dan tutupnya juga disediakan oleh zomato. Kurang apalagi coba?

Suggest Lokasi Outlet

Sayangnya informasi zomato baru meliputi outlet kuliner se-JABODETABEK. Sudah ada sekitar 20.000 lokasi kuliner yang tersedia untuk dilihat dan direview. Luar biasa ya jumlahnya.


Kalau kamu mau memberikan data lokasi kuliner baru atau yang ada di kotamu juga bisa. Masuk saja ke profilmu sendiri. Cek bagian atas aplikasi ini. Klik tombol setting (yang bergambar seperti mur).

Di bagian miscellaneous klik suggest restaurant. Isi saja data-data yang dibutuhkan sehingga lokasi kuliner kesayanganmu bisa masuk ke dalam zomato.

Jadi sudah pernah menggunakan aplikasi kuliner belum?