Kalau lo punya smartphone terbaru pasti langsung pengen pamer kemampuan dari si smartphone yang baru lo beli. Entah dari spesifikasi, baterai ataupun kemampuannya mengambil gambar yang ciamik. Jarang-jarang sih orang mau membahas jeroan smartphone jagoannya. Padahal performa smartphone lo yang handal ya didukung oleh jeroannya yang mumpuni.

Nah salah satu jeroan atau bagian dalam smartphone yang mau gw bahas sekarang adalah Snapdragon dari Qualcomm. APAAN TUH SNAP DRAGON? Pasti ini pertanyaan yang banyak keluar di kepala kamu begitu baca soal Snapdragon. Kalau bahasa mudahnya sebetulnya Snapdragon ini adalah jantung dari beberapa smartphone handal yang ada di dunia. Ya kalau kemampuan jantungnya pas-pasan, performa sang smartphone juga akan pas-pasan.

Kalau bahasa kerennya Snapdragon adalah sebuah prosesor yang dimasukkan ke dalam smartphone supaya sebuah perangkat bisa melakukan perpindahan aplikasi secara mulus, menikmati kecepatan unduh yang stabil, dan memainkan game terbaru yang ingin lo mainkan. Intinya sebuah prosesor mempengaruhi kinerja smartphone yang lo punya.

Sebagai contoh lo bisa liat spesifikasi smartphone Oppo N3 yang menggunakan Snapdragon 801 sebagai nyawanya. Oppo N3 ini bisa mengakses koneksi cepat 4G atau yang akhir-akhir ini ngetrend dengan istilah LTE. Snapdragon memungkinkan Oppo N3 memiliki kemampuan kamera hingga 16MP karena teknologi prosesornya. Gak hanya itu, Snapdragon juga mendukung kemampuan smartphone untuk mengambil gambar dengan cahaya yang rendah.

Kalau lo punya smartphone dengan teknologi Snapdragon didalamnya dapat dipastikan lo bakal mendapatkan kualitas audio dan video yang keren sob.

Sumber: www.qualcomm.co.id

Coba deh sekali-sekali melongok ke situsnya Qualcomm. Di bagian detil prosessor, lo bisa menentukan profil prosessor yang paling lo pengen. Setelah menentukan profil prosessor yang lo pengen baru menentukan smartphone yang pengen dibeli.

Karena Indonesia merupakan salah satu pangsa pasar mobile yang terbesar di dunia, kita dilimpahi dengan banyak jenis smartphone. Jangan cepat tergiur dengan fitur smartphone yang kelihatan mewah. Karena fitur yang mewah tersebut akan sia-sia tanpa kemampuan prosessor yang handal. Seperti punya mobil mewah dengan mesin mobil murah, bisa dibayangkan khan hasilnya?

Jadi untuk smartphone lo yang baru berikutnya, udah tau khan harus cek dari mana dulu? *grinz*