Bulan Juli baru memasuki tanggal 12 tetapi sudah ada berita yang menyenangkan dari Manchester United, tim sepakbola yang saya suka selain AC Milan.


Akhirnya MU berhasil mendapatkan Bastian Schweinsteiger dari Bayern Muenchen setelah mendapatkan Memphis Depay dan Matteo Darmian terlebih dahulu.

Mengatakan Schweinsteiger sebagai pengganti Michael Carrick buat saya bukan hal yang salah akan tetapi bukan hal yang benar juga karena gaya bermain keduanya yang berbeda. Saya menyukai MU  sudah lama dan memang sepeninggal Roy Keane belum ada pemain tengah yang bisa menggantikannya.

Ada 2 pemain Jerman yang saya suka dan kebetulan keduanya bermain di Bayern Muenchen. Yang pertama Bastian Schweinsteiger dan berikutnya Phillip Lahm. Saya selalu berpikir tidak mungkin mendapatkan keduanya ke MU. Tetapi paling tidak salah satu dari mereka akhirnya berhasil di bawa ke kota Manchester.


Berbeda dengan Carrick yang lebih elegan, Schweinsteiger lebih bergerak di tengah sebagai gelandang yang rajin turun naik dan dribblenya juga maknyus. Buat yang suka nonton Piala Dunia atau Piala Eropa pasti sudah tau betapa kesebelasan Jerman sangat stabil dengan Schweinsteiger sebagai dinamo tim.

Saya pikir fans boleh berharap lini tengah MU akan solid di musim depan. Schweinsteiger bisa diduetkan dengan Herrera/Carrick/Fellaini untuk menunjang lini kreatif Manchester United yang diisi Mata, Januzaj  maupun Depay. Dengan adanya Schweinsteiger, Rooney bisa berkonsentrasi di depan. Kita tidak akan melihat Rooney bermain di tengah musim depan karena MU sudah menemukan pemain tengah yang bertenaga.

Memphis Depay & Matteo Darmian

Selain  Schweini, MU sudah terlebih dahulu mendapatkan Depay dan Darmian. Depay adalah hot properties musim ini untuk diperebutkan banyak tim setelah sukses di PSV. Diprediksi Depay akan menempati posisi kiri dalam formasi 4-2-3-1 yang saat ini ideal untuk MU atau bahkan 4-3-3.

Tetapi Depay diminta bersabar oleh Van Gaal karena pemain sekaliber Angel di Maria membutuhkan waktu untuk beradptasi dengan permainan di Liga Inggris. Transfer berikutnya yang menurut saya juga menjanjikan adalah Matteo Darmian. Bisa bermain sebagai full back kanan dan kiri, Darmian adalah berlian untuk MU.

Full back MU saat ini sarat dengan pemain yang mempunyai tehnik tinggi dan berusia muda. Dengan Blind, Rafael, Shaw dan Darmian, full back MU terlihat sangat solid.

Patut ditunggu apakah rumor Sergio Ramos bergabung dengan MU akan terjadi di waktu mendatang. Transfer MU musim ini memang seperti pemoles untuk membuat MU semakin kuat untuk memperebutkan titel Liga Inggris di musim mendatang.

Bagaimana menurut kamu?