logoBloggerCamp

Ini hari kedua saya di Makassar. Kebetulan saya membantu teman-teman bloggercamp yang di Jakarta untuk mendukung penyelenggaraan bloggercamp di Sulawesi Selatan. Tahun ini bloggercamp diselenggarakan serentak di 4 kota: Jakarta, Purwokerto, Surabaya dan Makassar.

Dari sesi sharing tadi malam saya ketahui kalau minat menulis masih dimiliki oleh banyak blogger di Sulawesi Selatan terutama di Makassar. Banyak kegiatan yang menarik seperti perkumpulan menulis kepo untuk menarik orang menulis sebanyak dan sedalam mungkin karena rasa keponya.

Ada sekitar 50 blogger yang berkumpul di PPLH Puntondo selama 2 hari ini untuk merayakan Hari Blogger Nasional yang dirayakan hari ini (27 Oktober). Saya kangen dengan suasana kumpul-kumpul ala blogger seperti bloggercamp saat ini. Setelah Pesta Blogger ditiadakan seperti ada celah kosong yang minta diisi.

Saya lihat memang berbeda interaksi diantara kopdar blogger dengan kopdar ala anak social media. Entah kenapa kopdar di antara blogger memang sangat khas sekali. Saya merasakannya ketika berada jauh dari pulau Jawa ini. Interaksi antara blogger (yang baru kenal dan sudah lama kenal) ini mirip sekali dengan blogger di pulau Jawa. Yang membedakan hanyalah logat dan bahasanya.

Selain kopdar saya juga kangen dengan yang namanya blogwalking. Entah kenapa walau blog-blog masa kini trafficnya tinggi tapi sepi komentar. Saya kangen dengan saling mengunjungi blog dan saling meninggalkan komentarnya.


Sayup-sayup terdengar suara dari kegiatan para blogger di bawah. Mereka terlihat sangat senang dengan mengenal teman-teman blogger baru dari beberapa daerah di Sulawesi Selatan.

Ada beberapa kesan yang tertinggal dari kunjungan singkat saya ke Puntondo ini. Saya akan tuliskan dalam postingan berikutnya.

Selamat Hari Blogger Nasional kawan !