Sebetulnya saya pernah menulis tentang mewaspadai penyebaran sebuah informasi yang menjadi viral dan kemungkinan besar tidak benar alias hoax. Dan hari ini penyebaran informasi hoax menjadi lebih cepat viralnya karena tidak lewat social media saja tetapi penetrasinya sudah melalui grup chatting.

Viral: Secepat Mungkin – Cek Dan Ricek

Whatsapp group menjadi salah satu kanal percakapan yang jumlahnya meningkat pesat setelah mailing list boleh dikatakan “tiada”. Hari ini ketika peristiwa bom Jakarta terjadi informasi demi informasi yang belum diklarifikasi kebenarannya ataupun dicek asalnya berseliweran melalui kanal-kanal whatsapp group yang saya ikuti.


Saya melihat sendiri betapa dahsyatnya kecepatan informasi-informasi ini untuk menjadi viral. Prosesnya bisa dari whatsapp group lalu keluar ke social media maupun sebaliknya. Kecepatan ini bisa menjadi baik maupun buruk. Hari ini menjadi buruk karena saya bisa menjadi was-was untuk kembali ke rumah karena mendengar bahwa rute bom Jakarta sudah sampai Palmerah. Rute yang dekat dengan arah pulang saya. Walaupun pada akhirnya teman yang bekerja di sana mengklarifikasi bahwa informasi tersebut tidak benar.

Biasanya orang-orang yang menyebarkan berita ini awam terhadap proses cek dan ricek untuk sebuah informasi yang beredar. Mereka tidak sabar untuk menunggu berita yang keluar dari hasil investigasi media. Padahal kalau mau menunggu sedikit saja dan memantau kanal-kanal social media dari media mainstream pasti akan keluar berita liputan dan investigasinya.

Di jaman yang serba digital seperti saat ini media mainstream seperti CNN Indonesia ataupun Metro TV pastilah akan mengeluarkan liputan dan investigasi secara live. Untuk kita yang awam dan jauh dari jangkauan peristiwa sebaiknya mengecek dulu kebenarannya melalui kanal-kanal berita sebelum menyebarkannya ke lingkaran kita sendiri.

Semoga kita bisa bangkit dengan cepat dari peristiwa di Jakarta hari ini dan keluarga korban diberi ketabahan. Salut untuk kepolisian dan keamanan yang sudah sigap bekerja.

Peace and out!

Header picture creditplanetxnews.com