Uber adalah salah satu aplikasi yang populer untuk masyarakat Jakarta.  Saya yang daily biker biasanya menggunakan Uber untuk perjalanan dengan jarak jauh karena Arianna tidak terlalu kuat fisiknya jika menggunakan motor. Uber paling sering saya gunakan untuk ke Kalimalang, mengunjungi rumah Arianna.

Setelah beberapa kali menggunakan uber mau share saja tips-tips yang mungkin berguna kalau kamu pengguna awal Uber.

1. Biasakan Untuk Memantau Driver Sebelum Sampai

Di dalam aplikasi Uber ada peta yang menampilkan secara real time kondisi perjalanan mobil yang menuju lokasi kita. Saya biasa mengkontak driver jika arah mereka terlihat “nyasar”. Fitur peta Uber sangat baik dan sangat berfungsi supaya kita bisa memperkirakan berapa lama driver akan sampai. Ini penting karena driver bisa membatalkan pesanan jika menunggu terlalu lama (standar Uber 5 menit masa tunggu).

Biasakan juga untuk menanyakan nama driver dan memeriksa apakah mobil yang digunakan sama dengan informasi mobil yang tertera di dalam aplikasi.

2. Gunakan Fitur Send Status

Kelihatannya tidak banyak pengguna yang menggunakan fitur ini. Fitur ini untuk menginformasikan bahwa kita benar-benar aman di jalan dan sampai di tujuan.  Fitur ini bisa ditemukan ketika kita berada dalam kendaraan. Tombol ini ada di bawah info pengemudi. Tombol Send Status ini untuk mengirimkan informasi ke kerabat terdekat kalau kita sedang melakukan perjalanan dengan Uber dan ketika sampai di tujuan.

Split-Fare

3. Menggunakan fitur Split Fare

Jika kamu menggunakan Uber berdua atau lebih gunakan fitur Split Fare. Fitur ini untuk membagi biaya Uber ke teman-teman yang bersamaan menggunakan mobil Uber yang sama. Fitur yang cukup unik dan kelihatannya belum ditemukan di aplikasi lain.

4.Berikan Review Dan Rating

Biasakan untuk memberikan rating dan review kepada driver Uber setelah sampai di tujuan. Berikan rating dan review yang jujur karena akan berpengaruh ke rating supir dan juga review akan berguna untuk memperbaiki pelayanan secara menyeluruh

5. Temukan Barangmu Jika Tertinggal

Setelah perjalanan selesai, Uber akan mengirimkan nota online yang dikirimkan melalui e-mail. Nota ini berfungsi untuk pencatatan perjalanan seperti detil biaya dan informasi driver Uber yang dipakai pada hari tersebut. Di nota bagian paling bawah terdapat Uber Support yang bisa diklik untuk memberikan masukan jika ada dan tentu saja contact support jika ada barang kamu yang ketinggalan.

Cara lainnya adalah mengkontak driver yang membawa kamu pada hari tersebut melalui riders.uber.com dan driver akan mengembalikan barang yang ketinggalan.

Kalau kamu sudah menguasai tips-tips di atas berarti kamu sudah pro dalam menggunakan Uber yang sangat aman dan nyaman  untuk kita gunakan.

Have a good weekend!

Featured image credit: slashgear.com
Picture credit: Uber