A Copy of My Mind
0.0Overall Score
Reader Rating 0 Votes

Harus diakui saya tidak tertarik untuk menonton film ini walau banyak orang yang membicarakannya di lingkaran pertemanan saya. Tetapi akhirnya 2 hari lalu saya berkesempatan menonton A Copy of My Mind, sebuah karya dari seorang Joko Anwar.

Arianna hobi menonton film dengan genre film festival sedangkan saya hobi mentonton film box office dan action. Sungguh pribadi yang berbeda kan? haha~ Tetapi saya menikmatinya, senikmat ketika saya menonton A Copy of My Mind.

A Copy of My Mind diawali dengan kisah Sari (Tara Basro) seorang pekerja salon yang hobi menonton DVD bajakan. Film ini memang berjalan dengan lambat karena menggambarkan keseharian Sari dalam kehidupannya. Saya sendiri tidak sadar sebetulnya durasi film ini cukup panjang. Sekitar 2 jam.

Dalam hobinya membeli DVD bajakan ini akhirnya Sari bertemu dengan Alex (Chicco Jerikho) seorang penulis subtitle DVD bajakan dan cerita mereka berdua menjadi inti dari film ini. Alur lambat nan tenang dengan bumbu adegan percintaan ala Sari dan Alex ini berjalan setengah film tanpa ketegangan yang berarti. Tiba-tiba di seperempat film terakhir ketegangan demi ketegangan muncul akibat kebiasaan jelek Sari yang suka mengambil barang tanpa ijin.

Menonton film ini sebetulnya melihat kehidupan Indonesia dan masyarakat marjinal dari mata seorang Joko Anwar. Film ini merupakan copy dari pikiran Joko Anwar tentang realita masyarakat Indonesia. Judul lain film ini seharusnya a copy of Joko Anwar’s mind haha~

Anyway ini film bagus dengan alur yang tidak biasa. Orang yang hobi menonton film festival pasti akan sangat suka dengan film ini.

A copy of my mind, sebuah potret tentang kehidupan Jakarta.

Picture credit: tiff.net