Gw sudah beberapa kali nulis soal ini dan sepertinya tidak bosan untuk membuat tulisan yang baru dengan tema yang sama.

Kali ini gw tergelitik oleh tulisan Mas Donny yang merasa menyebarkan sebuah informasi apapun di social media baik yang bernada sejuk ataupun tidak lebih baik tidak usah dilakukan.

Menurut gw sih sebagai netizen yang baik kita harus melakukan kurasi sebelum kita menyebarkan informasi atau konten tersebut, baik informasi tersebut menurut kita positif maupun negatif.

Pastikan Tujuannya

Ketika kita melihat sebuah informasi dan tergelitik untuk menyebarkannya, tunggu sebentar dan tanyakanlah beberapa hal ke dirimu sendiri.

Apakah informasi ini kalau disebarkan membawa dampak positif untuk lingkaran kita? Atau malah mengundang kontroversi dan komen-komen yang tidak perlu.

Kurasi Kontennya

Ketika kita merasa kalau konten tersebut akan membawa dampak positif untuk disebarkan, kurasilah kontennya!

Kalau konten tersebut berasal dari situs personal atau situs yang kamu tidak kenal baik telusurilah dan baca konten tersebut sampai habis untuk dicerna. Dalam konteks Mas Donny kemarin ternyata dia tidak membaca disclaimer pada konten tersebut.

Bahkan untuk beberapa informasi yang meminta bantuan dan berasal dari teman sendiri, gw selalu memastikan kalau informasi tersebut sudah dipastikan ke yang bersangkutan atau ke penyebar sebelumnya.

Ada beberapa informasi yang gw pilih untuk tidak disebarkan walaupun bernada positif karena gw gak bisa memastikan kebenarannya.

Sebarkanlah!

Ketika (paling  tidak) lo sudah yakin bahwa berita tersebut cukup valid dan membawa nilai yang positif makan sebarkanlah seluas mungkin.

Sudah cukup banyak teman-teman di sekitar gw yang memang menggunakan  social media untuk menyebarkan informasi sosial dan mendapatkan manfaatnya.

Yang terakhir yang ada di timeline gw dan cukup terbantu oleh social media mungkin Agnes yang membantu seorang ibu mempertahankan sebuah panti asuhan dan mendapatkan bantuan dari netizen.

Menurut gw karena saat ini informasi yang ada di sekitar kita sudah seperti air bah yang membanjir setiap saat, kita harus mempunyai kemampuan mengkurasi konten selain menciptakannya.

Bahkan kita tidak usah menjadi seorang pencipta konten untuk menyebarkan konten-konten positif yang ada di sekitar kita.

Jadi kurasi dan sebarkanlah!

Feature image dari born2invest.com