Linimasa Indonesia hari ini disegarkan oleh Om Telolet Om. Kalau kamu aktif di social media, platform apapun, kamu pasti sadar dengan fenomena ini.

Ngga akan nulis telolet juga sih, soalnya Sandalian dan Om Yahya sudah nulis soal telolet hari ini. Atau kalau tidak mau yang susah bisa membaca versi komik yang menyenangkan dari beritagar.

Saya hanya mau share bagaimana sebuah berita hoax atau tidak benar bekerja melalui fenomena telolet ini. (Serius nih mau bahas soal hoax?). Iya, saya serius mau bahas soal investigasi informasi hoax  soalnya jarang-jarang bisa sharing dengan studi kasus yang menyenangkan seperti Om Telolet Om ini.

Siang tadi Ditya, salah satu teman saya yang bekerja di bidang social media membagikan kumpulan meme di Facebooknya. Meme-meme ini menggambarkan betapa besarnya dampak dari viral Om Telolet Om ini.


Yang menarik bagi saya adalah satu image tentang tweet Obama ini. Menimbulkan rasa ingin tahu. Apakah Obama benar-benar membuat tweet tersebut?

Langsung saya cek dong ke akun twitter yang bersangkutan karena tertera dengan jelas beserta tanggal tweetnya. Ternyata di tanggal tersebut Obama tidak melakukan update tweet seperti yang digambar.  Berarti image ini editan dan Ditya juga share melalui kolom komen kalau kelihatannya meme ini memang editan.

Tetapi meme tweet Obama tentang telolet ini sudah menyebar di circle saya. Tidak sedikit pula yang menganggapnya benar-benar terjadi.

Dari sini kita bisa menarik beberapa hal:

  1. Orang yang benar-benar kita kenal dan kita percaya kredibilitasnya belum tentu mengeluarkan informasi yang valid, jadi sebaiknya kita cek dan ricek dulu sebelum menyebarkannya (baca menekan tombol share).
  2. Kalau kita dekat dengan yang bersangkutan, ditanya saja sumber informasinya. Di whatsapp group keluarga biasanya saya mendapati jawaban: “Saya cuma copy paste kok dari group sebelah.” “Saya cuma menyebarkannya aja, siapa tau berguna.”
  3. Investigasi atau kurasi informasi di jaman yang modern ini mudah sekali, sudah ada mesin pencari alias google yang selalu siap membantu kita.

Jadi sudah menemukan berapa berita hoax hari ini?

Image courtesy: semua dari facebooknya Ditya.