Selama beberapa hari ke belakang timeline saya penuh dengan hashtag #TemanMurni.  Beberapa teman terlibat dalam campaign ini dan campaign ini merupakan campaign dari salah satu brand minuman di Indonesia

Lalu sampailah saya di video Teman Murni ini.

Setelah menonton video ini, saya jadi mengingat-ingat, siapa sih teman murni saya?

Dalam kehidupan, yang pasti saya punya banyak sekali teman. Dati teman masa kecil, teman sekolah, teman masa kuliah, teman organisasi sampai teman dalam lingkaran digital.

Dari sekian banyak lingkaran teman, teman-teman dalam lingkaran digital yang banyak menghiasi jaringan pertemanan saya. Kenapa? Karena saya meninggalkan Jakarta dalam waktu cukup lama dan sewaktu tinggal di Semarang itulah saya menciptakan banyak pertemanan dalam lingkaran digital.

Salah satu yang masih cukup kencang interaksinya adalah Loenpia. Buat yang tidak tau, Loenpia adalah salah satu komunitas blog yang berada di Semarang.  Saya bergabung di Loenpia sejak 2006, cukup lama bukan untuk sebuah jaringan pertemanan.

Harus diakui bersama Loenpia saya mengalami banyak hal dari sebuah hal yang namanya pertemanan. Baik pahit maupun manis. Walaupun awalnya kami bergabung dalam Loenpia karena blog tetapi pertemanan kami sudah jauh melampaui hal tersebut.

Saya masih ingat ketika saya tinggal sendirian selama beberapa tahun karena keluarga pindah ke Jakarta dan saya bertahan karena menemukan pekerjaan yang bisa saya lakukan di Semarang,  teman-teman Loenpia adalah salah satu jaringan pertemanan yang menguatkan saya.

Dan selama masa-masa itu juga kami berusaha mengembangkan diri satu sama lainnya. Salah satu contoh yang paling saya ingat mungkin Harsono atau yang lebih kami kenal dengan panggilan Hars. Mungkin dulu Hars adalah salah satu teman yang selalu kami anggap ‘remeh’ karena kemauannya untuk belajar SEO. Bukan dianggap remeh sih, tetapi kami sering sekali melempar bahan canda ketika dia tertidur lelap di depan meja ketika tengah mempelajari ilmu SEO.

Waktu itu dia masih bekerja untuk bidang lain, sehingga waktunya untuk belajar SEO hanya di malam hari ketika pulang kerja. Dia saya ajak untuk tinggal di rumah bersama, supaya gak usah mikir berat-berat untuk bayar uang kos dan saya jadi punya teman ngobrol juga di rumah.

Hasil dari kerja keras itu memang tidak menipu, saat ini Hars bekerja untuk salah satu perusahaan media dengan wilayah pekerjaan SEO & SEM.

Sebetulnya banyak cerita tentang teman-teman Loenpia yang sudah saya anggap menjadi salah satu ‘keluarga’ ini. Sampai saat ini walaupun dunia blog sudah hampir kami tinggalkan haha~  Tetapi waktu silaturahmi tidak kami tinggalkan. Canda tawa dan diskusi remeh temeh di sekitar pembahasan KPR maupun curhat tentang pekerjaan masih kami lakukan hingga kini lewat sebuah whatsapp group.

Jadi siapakah teman murnimu?

Featured image from blog.clarity.