Untuk urusan gadget, 2016 termasuk yang biasa-biasa saja buat saya. Tidak melakukan banyak review karena fokus dengan pekerjaan baru membuat kegiatan blog tentang gadget ataupun teknologi menurun jauh. Inilah kenapa menulis tentang teknologi juga menjadi resolusi saya untuk 2017 ini.  Balik ke ZUK Z1, device ini sudah menemani saya di sepanjang 2016 ini dan sudah berusia setahun (lebih dikit).

Boleh dibilang ini salah satu device yang paling lama saya gunakan. Jadi kenapa kamu harus memilih ZUK Z1? Ini alasannya:

1.ZI menggunakan Snapdragon 801

Saya sudah pernah share tentang Snapdragon ini, silahkan baca di sini kalau kamu belum tau Snapdragon itu mahluk apa. Jeroan ZI sebetulnya termasuk dahsyat, karena Snapdragon seri 8 sekian sekian ini adalah versi paling tinggi (sampai saat ini) untuk prosesor yang dihasilkan oleh Snapdragon.  Tips dari saya kalau kamu mau membeli smartphone, belilah smartphone dengan prosesor seri tertinggi, apapun merk prosesornya.

Oh iya, karena ini device setahun yang lalu tentu saja Snapdragon 801 sudah agak ketinggalan jaman untuk 2017. Tapi kalau kamu mencari smartphone harga sekitar 3 juta dengan performa optimal, ZUK Z1-lah salah satu jawabannya (kalau kamu masih bisa menemukannya di market).

2.Ruang Penyimpanan Yang Besar

Walaupun Z1 tidak menyediakan ruang penyimpanan tambahan (gak ada ruang untuk kartu microSD) tapi buat saya ruang penyimpanan on board Z1 sudah cukup besar. On board storage ZUK Z1 adalah 64GB, dengan ruang penyimpanan data sebesar ini malah membuat saya khawatir untuk lupa mem-back up data.

Back up data itu urusan yang penting karena banyak detil pekerjaan yang melibatkan storage smartphone.

3. Design Pengisian Baterai Yang Mumpuni

Kebanyakan orang (atau minimal yang terjadi pada istri saya) mempunyai hobi untuk lupa mencabut kabel ketika men-charge smartphone. Entah karena biasanya dicolok ketika menjelang tidur atau hal lainnya. Kasus baterai menjadi tidak awet dan menjadikan performa smartphone menurun adalah isu yang cukup wajar di Indonesia.

Nah dengan Z1 ini, isu soal baterai tadi selesai. Dengan Z1, ketika baterai sudah full dan kabel tetap tercolok, maka Z1 akan mengalirkan daya listrik langsung ke smartphone dan bukan ke baterai. Sehingga umur baterai (plus performa smartphone) akan semakin panjang.

Fitur Z1 yang satu ini kelihatannya tidak banyak diulas oleh reviewer lain, entah kenapa.

4.Performa Kamera Yang Oke

Buat orang Indonesia, performa kamera smartphone itu penting. Lebih penting dari pada performa operating system atau prosesornya haha. Jangan meremehkan hal ini, soalnya hal pertama yang ditanyakan ibu mertua ketika saya temani untuk membeli smartphone adalah “berapa megapixel lensa kameranya?”

Z1 memiliki 13 megapixel untuk kamera belakang dan 8 megapixel untuk kamera depan. Buat saya sih yang lebih penting adalah Z1 menggunakan sensor Sony Exmor RS stack, hal ini meliputi optical image stabilization atau bahasa kerennya OIS.

Untuk performa kamera Z1 silahkan menikmati gambar-gambar pada postingan salah satu review kedai kopi yang saya buat tadi malam. Untuk review-review kuliner yang saya buat, sudah mengandalkan performa kamera smarthone saja (termasuk untuk pekerjaan)

5. Designnya iPhone Banget

Courtesy: ZUK mobile

Alasan kelimanya oke banget kan? hahahaha (ketawa panjang). Tapi memang kebanyakan teman yang melihat ZUK Z1 pasti komennya seperti itu. Design Z1 niru iPhone anget yak? Buat saya sih sebetulnya malah oke, karena harus diakui iPhone masih menjadi kiblat smartphone yang harus dimiliki.

Design lain yang mirip adalah Z1 menggunakan port USB Type-C. Port USB ini adalah tipe untuk smartphone masa kini. Setahun yang lalu smartphone dengan port USB Type-C belum menjamur dan untuk 2017 akan semakin banyak smartphone yang menggunakannya. Buat yang belum tau apa itu port USB Type-C, silahkan ke sini.

Giveaway


Yang terakhir atau mungkin yang akan paling kamu suka, di awal tahun ini saya mau bagi-bagi giveaway berupa eksternal speaker yang mungil dan bisa kamu bawa ke mana aja (apalagi untuk travelling).

Mekanismenya mudah kok, silahkan tinggalkan komen smartphone mana yang menurutmu terbaik atau best value to buy di 2016.  Giveaway ini nantinya akan saya kocok dengan random, jadi feel free aja untuk komen apapun haha.

Itu foto ada 2 speaker maksudnya mau bagi 2 speaker? Gak sih (ketawa setan), untuk giveaway speaker yang depan itu. Tapi kalo yang komen di postingan ini lebih dari 30 orang, akan saya jadikan speaker kedua sebagai giveaway juga.

Giveaway ini akan berlangsung hingga 7 Januari 2017, jadi tinggalkan komenmu yah.  ^^

FIND ME!
ANOTHER BLOG | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
E-MAIL: project.didut@gmail.com

Featured image courtesy: Youtube.

Update

Terima kasih untuk komen-komennya. Ada 71 orang yang ikut post giveaway kali ini. Belum pernah postingan saya dikomen sekian banyak orang. Seperti janji saya, kalau ada yang komen lebih dari 30 orang akan saya kirimkan speaker yang kedua juga. tetapi karena yang ikut giveaway kali ini sampai 71 maka orang yang ke 3 muncul dalam list ramdomizer akan saya kirimkan sebuah buku, Think Fresh.

Jadi inilah pemenang giveaway kali ini

Saya akan kirim permintaan alamat kirimnya via e-mail dan saya tunggu sampai Senin depan ya untuk alamat pengirimannya.