Sejak kehadiran Abigail, saya mulai banyak mendokumentasikan tumbuh dan kembang Abby dalam bentuk foto. Untungnya di jaman sekarang kehadiran smartphone sangat membantu untuk urusan jepret-jepret foto. Saya lupa sejak kapan mulai meninggalkan kamera digital untuk urusan mengambil foto tapi yang jelas sejak kualitas kamera smartphone sudah menyamai kualitas kamera digital pocket.

Untuk urusan upload ke social media saya membutuhkan bantuan aplikasi lain untuk mempercantik foto-foto yang saya ambil. Salah satunya adalah PhotoGrid. Saya menggunakan PhotoGrid sudah sejak lama. Salah satu alasannya menggunakan PhotoGrid karena banyak fitur menarik dalam satu aplikasi ini dan sebetulnya PhotoGrid sudah merupakan aplikasi berbagi foto layaknya social media, bukan hanya aplikasi penyunting foto. PhotoGrid tersedia bebas untuk pengguna Android dan iOS.

Nah ada beberapa tips untuk pengguna PhotoGrid awal supaya lebih canggih dalam menggunakan aplikasi ini.

Banyak Pilihan Filter

Untuk yang sakaw upload foto lewat social media, pilihan filter ini penting. Sepenting make up di pagi hari untuk para wanita — oke ini lebay.  Ada 5 jenis filter yang bisa dipilih dan masing-masing jenis filter mempunyai 9 – 10 pilihan filter. Jadi minimal ada 45 pilihan filter buat kamu.

Dijamin kamu pasti puas dengan pilihan filter foto dari Photorid ini!

Kolase Foto Dengan Bebas

Sesuai dengan namanya, awalnya saya menggunakan PhotoGrid karena fitur gridnya — kalau bahasa manusianya kolase. Saya menggunakan PhotoGrid karena bisa melakukan banyak hal setelah mengkolase foto, termasuk filter dan fitur emoticon yang saya suka ini.

Enaknya lagi kolase dengan PhotoGrid, kita memilih dulu foto-foto yang ingin kita kolase dan PhotoGrid akan memilihkan layout yang paling ideal atau kita bisa memilih layout yang diinginkan.

Wow Filter

Filter yang satu ini khusus untuk yang suka dengan filter animasi yang sedang trend. Biasanya sih filter ini cocok untuk generasi millenial *grinz*. Ada 40 filter yang bisa kamu gunakan, baik untuk foto, maupun untuk video. WowFilter ini bisa diaplikasikan untuk video juga. Hebatnya, filter animasi ini bisa membaca lebih dari 1 wajah saja, sehingga kalian bisa menggunakan filter ini bersama teman-teman. Let’s Have Fun!

Dalam rangka April Mop kemarin, ada tambahan filter Pie Face Machine dan Rotten Apple Plank yang bisa digunakan untuk seru-seruan ngerjain teman atau konyol-konyolan bareng teman.

Personalized Feed & Rolling Comments

Berbeda dengan aplikasi pengolah foto sejenis, lewat PhotoGrid kamu bisa mengupload fotomu melalui timeline PhotoGrid dan bisa memfollow akun PhotoGrid yang kamu suka kreasinya. Uniknya lagi komen-komen yang keluar akan dimunculkan secara interaktif sehingga interaksi komen terlihat lebih hidup dengan rolling coments ini.

Dan jangan khawatir untuk repot mengupload ulang di channel social mediamu yang lain. Karena dengan sekali klik kamu bisa bisa juga men-share foto-fotomu di beberapa channel social media sekaligus termasuk PhotoGrid.

Pilih Jenis & Ukuran Foto

Yang terakhir kamu bisa pilih jenis file foto dan ukurannya. Ada 2 pilihan jenis file foto yaitu PNG dan JPG. Untuk ukuran kamu bisa memilih dari 720 pixel sampai 2048 pixel.

Jenis dan ukuran file ini biasanya berpengaruh pada ukuran dan media yang ingin kita gunakan. Canggih kan?

Jadi fitur apa yang biasanya kamu gunakan untuk edit foto-fotomu?