Akhirnya ngomongin politik juga di blog ini. Postingan ini akan jadi postingan yang pendek juga sih karena akan memperkenalkan salah satu channel Youtube yang menurut saya akan menjadi kanal yang bagus buat semua untuk belajar soal politik.

Akhir-akhir ini yang pasti sih di timeline social media saya — terutama Facebook dan Twitter —  menjadi lahan ‘peperangan’ ideologi dan ide dari pilkada DKI. Tidak heran pilkada DKI merebut banyak perhatian karena Jakarta masih menjadi pusat kegiatan ekonomi utama di Indonesia.

Tapi makin ke sini tingkat rasional dari kedua sisi pendukung makin banyak yang ngawur. Seperti artikel apapun yang bisa mendukung calon yang dia pilih atau yang bisa menyerang lawannya pasti akan dipublish dan dipertahankan mati-matian. Tidak pernah mempertanyakan siapa yang membuat artikel tersebut atau apa motifnya.

Kembali ke soal channel Youtube, saya suka nonton Asumsi yang diasuh oleh Iman dan Pange ini. Dari awal vlog mereka memberikan pendidikan politik secara lebih santai dan lebih casual. Di edisi awal vlog, mereka ngomongin berita terpanas politik yang sedang terjadi. Dan akhirnya mereka membuat beberapa edisi vlog pencerahan soal pilkada (terutama DKI).

Nonton #Asumsi ini membuat rasa kangen terhadap politikana sedikit terhilangkan — baca artikel ini kalau kamu tidak tahu soal politikana. Kangen terhadap suatu kanal dimana membicarakan ‘ideologi’ politik tanpa saling hujat dan di #Asumsi ini saya menemukannya.

Oh well, silahkan nonton salah satu edisi #Asumsi ini dan apa pendapatmu.