Seingat saya seumur-umur hidup, jarang-jarang saya menonton konser. Tumben ngomongin konser? Sebetulnya sih lebih pengen ngomongin musik–sok banget bet!

Balik soal konser, nonton konser pertama kali pas diundang Dimas nonton konsernya Addie MS yang disupport kantornya Dimas waktu itu–pengen share fotonya di sini tapi sayangnya penuh aib masa muda.

Selanjutnya pernah ditawarin Pitra nonton Urban Jazz Crossover–yang ternyata disupport oleh perusahaan yang sama dan selanjutnya jadi klien saya juga–dan untuk pertama kalinya (serta terakhir) saya mewawancarai beberapa penyanyi kenamaan ibukota *halah*

Konser terakhir yang saya tonton adalah konser Natal setahun lalu kalau tidak salah karena diajak Arianna.

Kalau melihat sejarah saya dan konser sebetulnya saya memang bukan orang yang hafal atau ngefans dengan grup band tertentu. Atau ngefans dengan genre tertentu. Saya memasukkan diri ke dalam kawanan easy listener.

Golongan ini memang hanya mencari lagu-lagu yang enak didengar tanpa tahu siapa yang menyanyikannya.

Walaupun boleh dibilang tidak menyukai konser tetapi musik sudah masuk dalam kehidupan saya sehari-hari. Minimal ketika saya berada di jalan dalam perjalanan rumah-kantor.

Di pagi hari saya biasanya mendengarkan radio melalui app Tune In. Saya masih termasuk anak lawas yang hobi mendengarkan suara enak announcer di radio. Dan tentu saja tidak harus ribet membuat playlist karena tinggal mendengarkan saja.

Dan sore atau malam ketika pulang, saya berganti ke Spotify. Yoih, sebagai anak yang umurnya masih masuk golongan millenial–oke ini ngaku-ngaku–saya menyukai aplikasi ini. Spotify sungguhlah cocok dengan golongan easy listener! Dengan Spotify, tinggal pilih-pilih playlist sesuai moodnya saja. Playlistnya juga sudah ada yang membuatkan.

Untunglah saya pernah merasakan mendengarkan musik melalui kaset sampai semudah menekan aplikasi lewat smartphone saat ini.

Dengan revolusi aplikasi musik seperti ini, kocak juga kalau masih mendapatkan pertanyaan “tidak ada pemutar CDnya di dalam mobil ya?” Padahal dengan teknologi mobil saat ini–misalnya MyLink dalam mobil Chevrolet–kita bisa mendengarkan musik semudah menekan tombol pada setir.

Jadi kamu masuk golongan yang mana?