Tumben banget ngomongin tips kesehatan dut? Sejak punya bayi, saya memang lebih rajin mencari beberapa informasi atau fakta yang berhubungan dengan kesehatan atau barang-barang yang ada di sekitar. Soalnya bayi kan memang rentan dimasuki virus atau bakteri dari luar karena imunitas tubuhnya belum terbangun sempurna.

Salah satu sumber informasi yang saya temukan berasal dari Instagram Keluarga Bebas Panik. Akun Instagram yang cukup menarik karena menampilkan infografik yang cukup baik tentang kesehatan, salah satunya tentang si Povidone-Iodine ini.


Mengenal Povidone-Iodine sekitar 3 tahun yang lalu, itupun gara-gara kecelakaan yang mengakibatkan luka lumayan parah di bagian mulut. Beberapa lama setelah kecelakaan saya harus berkumur dengan Obat Kumur Antiseptik Betadine untuk menghilangkan bakteri yang mungkin bersarang di dalam mulut karena tidak bisa melakukan aktivitas gosok gigi dalam beberapa waktu.

Berikut beberapa fakta tentang Povidone-Iodine ini.

Berhubungan Dengan Produk Antiseptik

Povidone-Iodine seringkali ditemukan lewat produk-produk antiseptik baik untuk kebutuhan rumah tangga maupun medis.

Jadi kalau kamu punya peralatan P3K di rumah, cek deh di produk antiseptiknya. Pasti ada kandunngan Povidone-Iodine di dalamnya. Bahkan untuk sabun antiseptik ada kandungan Povidone-Iodinenya.

Povidone-Iodine Sudah Lama Ditemukan

Povidone-Iodine pertamakali ditemukan tahun 1811. Dan sejak ditemukan Povidone-Iodine memang sudah digunakan untuk merawat luka. Dan sejak tahun 1955 Iodine dikembangkan karena fungsinya yang signifikan untuk mencegah infeksi.

Dikenalkan Untuk Penggunaan Umum Tahun 60-an

Pada tahun 1060-an, Povidone-Iodine mulai diperkenalkan untuk kebutuhan umum (rumah tangga). Produk-produk seperti krim dan semprot (spray) mulai diperkenalkan pada tahun-tahun tersebut.

Baru pada tahun 1980-an, Povidone-Iodine dinyatakan sebagai produk yang paling efektif untuk mengatasi kuman (virus, bakteri, jamur) setelah masa penelitian yang cukup lama, sekitar 5 tahun.

Saat ini kandungan Povidone-Iodine dapat ditemukan pada produk-produk antiseptik yang ada di sekitar kita. Coba saja lihat kotak P3K kamu, dari obat merah sampai cairan pembersih luka pasti ada Povidone-Iodinenya.

Fakta lain yang cukup baik untuk diketahui adalah Povidone-Iodine mampu mengatasi hampir semua penyebab infeksi kaki, tangan dan mulut dalam waktu yang sangat singkat (sekitar 15 detik).

Anyway, kalau mau mencari tips-tips kesehatan keluarga, salah satunya bisa ke Instagram Keluarga Bebas Panik ini ya. Infografis-infografisnya menyenangkan untuk dibaca-baca.

Betadine-Infographic03-MitosFaktaSakitTenggorokan-rev2

Jadi produk antiseptik apa yang biasa kamu gunakan di rumah?