Saya baru saja pulang dari perjalanan mengejar bunga sakura selama 2 minggu di Jepang. Pertanyaan yang paling sering saya dengar adalah berapa biaya hostel disana dan seperti apa kondisi hostel disana. Daripada saya jawab berulang-ulang lebih baik saya posting saja yah hihi~

Penerbangan


Untuk penerbangan saya rekomendasikan Air Asia untuk berangkat dari Jakarta ke bandara manapun di Jepang.  Pesanlah dari jauh-jauh hari dan pantau saja akun sosial media maskapai ini. Perjalanan terakhir saya dapat tiket total Rp. 3.400.000 untuk bolak balik Jakarta – Nagoya -Jakarta. Ini harga yang oke banget untuk bolak-balik Jepang.

Kalau belum terbiasa dengan budget flight jangan lupa untuk memesan makanan di pesawat secara online. Perjalanan dari transit Kuala Lumpur ke Jepang memakan waktu rata-rata 7 jam. Kelaparan di tengah perjalanan bukan pilihan yang baik walau masih bisa memesan makanan di pesawat (kalau belum habis).

Penerbangan dari Kuala Lumpur sendiri cukup oke karena pesawat yang digunakan airbus yang besar, jadi kenyamanan bakal terjamin. Kaki Pitra yang cukup panjangpun leluasa untuk diselonjorkan ke bawah kursi. Makanan yang disajikan di dalam pesawat cukup enak buat lidah orang Indonesia. Saran saya pesanlah nasi lemak dengan rendang jika ada. *grinz*

Penginapan

Untuk penginapan saya menggunakan hostelworld untuk memesan hostel. So far tidak pernah mengecewakan. Lakukan booking jauh-jauh hari supaya kamu mendapatkan hostel yang nyaman sekaligus murah.

Tipsnya selalu cari hostel yang dekat dengan stasiun utama lokasi yang kamu tuju. Pilihan yang terbaik adalah hostel yang terletak 10 – 15 menit jalan kaki dari stasiun. Cek selalu review dari customer sebelumnya yang memberikan review. Saya selalu booking hostel dengan rating diatas 80%  jika memesan via hostelworld.


Contohnya adalah Eco Hotel di Kota Nagoya. Ini lokasi hotel yang terbaik so far yang pernah saya dapatkan selama di Jepang. Letaknya persis di depan stasiun Nagoya, jadi cukup nyebrang dari stasiun. Disampingnya ada seven eleven, jadi saya bisa ngambil via ATM mereka menggunakan ATM BCA saya. Sempurna !

Biaya permalam perorang 2000 yen saja. Rate perhari ini berfluktuasi dari 110 – 120 rupiah untuk kurs beli 1 yennya. Hotel ini sempurna untuk tempat istirahat selama perjalanan backpacker. Ruang mandi yang cukup banyak dan showernya bagus. Air panas, mesin cuci dan mereka menyediakan handuk dan sleeper untuk setiap tamu yang datang. Ini fasilitas yang tidak biasa untuk sebuah hostel.

Rata-rata biaya hostel perorang permalam di jepang sekitar 2.500 – 3.000 yen.

Transportasi Lokal

Nah biasanya biaya paling besar dari perjalanan di jepang adalah biaya transportasi lokal. Biaya transportasi lokal bisa memakan hingga 25% dari keseluruhan budget perjalanan. Biaya kereta rata-rata sekitar 200 – 400 yen untuk sekali naik kecuali lokasi kamu jauh sekali dari kota. Jadi sebelum datang kamu harus survey dulu lokasi-lokasi yang harus kamu datangi dengan stasiun terdekatnya.

Caranya cukup mudah untuk survey jarak dan biasaya di jepang ini. Misal masukkan kedalam google map lokasi yang ingin kamu tuju dan lokasi keberagkatan. Google map akan menunjukkan berapa lama waktu yang dibutuhkan berserta line kereta yang bisa digunakan dan harganya. Jadi kamu bisa mendapatkan perkiraan berapa besar biaya transportasi yang kamu butuhkan.

Saran saya cobalah untuk memesan dan menggunakan JR Rail Pass. Harganya memang terasa cukup mahal awalnya. Untuk 7 hari kita harus membayar sekitar 250 USD. Tetapi dengan uang segitu kita bisa menggunakan transportasi apa saja yang dikelola oleh JR termasuk Shinkansen ! Dengan shinkansen kamu bisa kemana saja di Jepang dengan waktu yang relatif cukup singkat dan mudah terkoneksi ke mana saja karena berhenti di stasiun-stasiun besar di sepanjang Jepang.

Kami selama seminggu sudah menggunakan fasilitas shinkansen, kereta lokal hingga ferry dengan kartu ini. Kalau dihitung-hitung value yang kami gunakan bisa 4 – 5 kali lipat dari harga yang kami bayarkan jika kami membelinya secara langsung di Jepang. Kartu ini hanya bisa dibeli oleh orang asing dan sebaiknya dibeli secara online sebelum kamu datang ke Jepang.

Untuk dasar melakukan perjalanan di Jepang sih saya pikir yang saya tulis ini sudah cukup. Jika ada pertanyaan lebih lanjut silahkan taruh di komen yah ^^

Courtesy:
1. Website Air Asia.
2. Twitter Air Asia.
3. Hostelworld.
4. Situs Japan Rail Pass.