Melanjutkan postingan saya kemarin tentang launching Xiaomi Redmi 1S. Saat ini device sudah bisa dipesan melalui sistem pre-order dan akan dilepas ke pasar Indonesia pada tanggal 4 September 2014. Saya termasuk orang yang beruntung sempat mencoba device ini sebelum benar-benar masuk ke pasar Indonesia.

Indonesia Theme

Xiaomi melalui Hugo Barra mengatakan bahwa jumlah Xiaomi Redmi 1S akan dilepas dalam jumlah unit yang tidak besar. Xiaomi hendak mempersiapkan dan menguji infrastruktur yang mereka punyai seperti customer service sebelum melepas device dalam jumlah yang lebih besar.

Samping Redmi 1S

Kesan pertama ketika memegang Xiaomi Redmi 1S adalah device ini cukup tebal.  Kesan yang muncul adalah Xiaomi Redmi 1S tidak ringkih seperti kebanyakan device android dengan harga menengah – bawah. Tombol untuk mengatur volume dan on – off terletak disamping. Di bagian bawah tombol tersebut terletak lubang untuk membuka device.

Bagian Dalam Xiaomi Redmi 1S

Xiaomi Redmi 1S mensupport dual SIM – WCDMA slot untuk data 3G dan slot GSM slot untuk 2G. Layar 4,7 inchi dipersenjatai dengan kaca anti gores AGC Dragontrail, Xiaomi Redmi 1S memberikan sebuah device dengan harga yang optimal untuk semua fitur yang mereka berikan. Xiaomi Redmi 1S dilepas ke Indonesia dengan harga Rp 1.499.000 dan ini bukan harga promo. Xiaomi berusaha menekan harga dengan hanya menjual Xiaomi Redmi 1S dengan bekerjasama dengan e-commerce.


Xiaomi Redmi 1S  membawa prosesor 1.6 GHz quad-core Qualcomm Snapdragon 400 dengan Cortex-A7 core untuk memberikan performa yang maksimal. Dilengkapi RAM 1 GB dan 8 GB internal flash memory dengan slot external microSD sampai 64 GB. Saya suka gestur dari Xiaomi Redmi 1S ketika membuka aplikasi ataupun folder yang berisi aplikasi yang kita install. Lihat saja folder yang saya buka ini. Lihat bayangan blur di belakangnya. Ini terlihat fasilitas yang kecil tetapi sangat menyenangkan ketika kita menyadarinya.

Redmi 1S dijalankan dengan Android 4.3 Jelly Bean dengan kustom kulit MIUI v5. Kelihatannya device ini akan terupgrade ke Android 4.4 kitkat dengan MIUI v6 di akhir tahun ini.

Overall Xiaomi Redmi 1S cukup menyenangkan karena memberikan pengalaman yang berbeda dengan device android lain dengan harga yang kalau saya bilang cukup murah. Xiaomi juga sudah meluncurkan Facebook page untuk menanggapi respon dari para penggunanya. Saya tidak mempunyai komplain dengan casing Redmi 1S karena saya tidak begitu suka dengan casing yang ringkih. Jadi android dengan gaya old school dan sedikit lebih berat tidak masalah buat saya.

Jadi bagaimana kesan pertamamu? ^^