Gw udah lama main football manager. Kalau gak salah ini satu-satunya game PC yang gw mainin sejak gw SMP sampai sekarang. Gak pernah main game PC yang lain. Kalau pas sakau main football manager, gw bisa ngabisin waktu akhir pekan gw cuma buat main game ini hahahaha~

Pertama kali main football manager dikenalin sama salah satu sobat gw, Iie. Di masa itu gw belum punya PC dan nebeng PC Iie buat maen football manager. Dulu namanya masih championship manager sebelum pecah kongsi. Yang gw ikuti sampai sekarang versi football manager.

Kalau dulu kata temen-temen gw yang liat “apaan tuh game kok cuma text doang kerlap-kerlip“. Mereka gak tau gimana nikmatnya jadi seseorang yang seakan-akan melatih Paolo Maldini dan George Weah pada jaman keemasan mereka.


Saat ini gw masih memainkan football manager 2012. Belum beli football manager 2015. Moodnya belum keluar buat beli, padahal November nanti edisi yang 2016 bakal publish. Gw pikir yang edisi 2012 ini masih bagus buat dimainkan saat ini.

Udah main football manager puluhan tahun dan mental masih belum kuat buat pegang tim medioker seperti Parma ataupun misalnya Everton hahaha~  Sekarang sedang membangkitkan AC Milan dari masa kegelapannya. Menemukan seorang Manolo Gabbiadini yang bisa membuat rata-rata 30 gol permusim atau mematangkan pemain asli binaan AC Milan seperti Saporetti merupakan kenikmatan yang hanya bisa ditemukan oleh penikmat sepakbola atau fans AC Milan seperti saya.

Football manager memang sebuah dunia fantasi sepakbola yang mirip dengan dunia aslinya. Pengembang football manager, Sports Interactive mempunyai pemandu bakat sendiri, melakukan pencatatan terhadap pemain sepakbola di seluruh dunia dan mengumpulkannya di dalam suatu database. Bukan suatu kebetulan kalau sebelum Arjen Robben mendunia, gw udah tau kalau kakinya rentan seperti barang pecah belah walau bakatnya luar biasa sebagai winger di sisi kiri. Gw menggunakan Arjen Robben di championship manager sejak dia berusia 17 tahun.

Postingan kali ini sebagai pembuka postingan tentang football manager di blog gw. Gw udah puluhan tahun main football manager tapi gak pernah menuliskannya.

Jadi bisa habis berapa lama kamu main game kalau sedang sakau?

Pranala:
1. Situs football manager.
2. Football manager dalam wikipedia.