Dalam beberapa postingan terakhir mulai banyak postingan tentang browser dan sekarang saatnya Opera Mini ditampilkan. Opera Mini mempunyai tampilan dan fitur baru semenjak saya terakhir menggunakan browser yang satu ini. Opera mendevelop beberapa fitur yang cukup menarik untuk penggunanya.


Fitur yang pertama dilihat ketika kita menggunakannya di device yang baru tentu saja fitur syncnya. Jaman sekarang orang sudah mobile dalam hal penggunaan device. Dari laptop bisa pindah ke smartphone ataupun tablet. Sekali kita menggunakan fitur ini, pengguna dimudahkan dalam mengakses hasil browsing sebelumnya pada device yang lain.

Kompresi Data


Fitur kedua yang ingin saya highight adalah fitur hematnya yang saya sebutkan di judul blogpost ini. Opera Mini terbaru mempunyai fitur hemat browsing. Fitur ini akan mengurangi penggunaan bandwith ketika kita mengakses sebuah situs. Fitur ini buat saya penting untuk kebanyakan pengguna mobile di indonesia yang mempunyai keterbatasan dalam kuota paket data yang digunakan.

Saya baca kompresi data yang dilakukan oleh Opera Mini bisa sampai 90%. Ketika saya coba, saya mendapatkan sekitar 76% penghematan data internet . Buat saya ini sudah oke sih.

Night Mode


Night mode ini dibuat karena orang-orang kekinian suka membawa device mereka hingga ke tempat tidur sebelum mereka terlelap. Membaca melalui smartphone pada ruangan gelap dalam jangka waktu tertentu bisa membuat mata lelah ataupun kerusakan pada level tertentu.

Arianna memang suka ngomel ketika saya mengakses smartphone ketika menjelang tidur, padahal dia juga melakukan hal yang sama. Night mode ini membantu mengurangi beban mata ketika pengguna mengakses browser pada ruangan yang gelap.  Saya lihat juga ada pilihan reduce eye strain. Saya baca-baca fitur ini akan menyesuaikan lagi tone warna browser sehingga mata beban mata kita akan semakin lebih ringan ketika membaca pada ruangan yang gelap.

Top Stories


Fitur terakhir yang saya mau bahas adalah fitur top stories ketika kita membuka new page di Opera Mini ini. Opera memberikan beberapa pilihan bacaan dalam beberapa kategori. Saya sih biasanya membuka sepakbola dan makanan, apalagi? haha~

Saya sih berharap di masa depan opera bisa membaca lokasi di mana pengguna membuka browsernya. Jadi ketika membuka top stories, pengguna bisa memlih berita dari kanal-kanal berita lokal. Ide yang menarik kan?

Kerjasama Dengan Telkomsel

Sewaktu menjelajah mencari berita tentang Opera Mini ini menemukan kalau Opera bekerjaama dengan Telkomsel untuk membuat paket data yang lebih hemat untuk para pengguna Opera Mini.

Kalau kamu pengguna Telkomsel cukup dengan menekan *363# dan memilih menu Opera Mini. Kalau kamu pengguna aplikasi My Telkomsel seperti saya, bisa juga diaktifkan melalui aplikasi tersebut. Untuk harga paket datanya bisa dilihat di situs Telkomsel ya.

Jadi fitur ap yang kamu suka dari opera mini ini?

Pranala:
1. Situs Opera Mini.
2. Opera Mini & Telkomsel.