Hari Senin saya dan beberapa teman-teman blogger diundang oleh Citi Indonesia untuk mengenal layanan perbankan Wealth Management yang dimulai dengan memainkan Praxis, sebuah financial game melalui sebuah papan permainan.

Buat yang belum mengenal Praxis, permainan ini mirip sekali dengan permainan monopoli. Hanya sedikit diubah menyesuaikan dengan tujuan permainan, mengenalkan konsep investasi kepada para peserta.

Di setiap meja, peserta akan ditemani oleh fasilitator permainan yang membantu game master yang memandu selama Praxis berlangsung. Pada awalnya setiap peserta diberi uang 5.000 dan pekerjaan dengan penghasilan 2.500 setiap kali berhasil menyelesaikan 1 putaran.

Di awal game master membuka kesempatan untuk berinvestasi dengan harga rendah. Saya memang agresif langsung membeli beberapa investasi bentuk equity dan balance dengan tetap menjaga persediaan cash. Kenapa? Karena ada kotak-kotak yang mengharuskan kita membayar seperti pajak penghasilan ataupun biaya perbaikan rumah misalnya kalau kita mempunyai property.

Melalui permainan ini kita disadarkan bahwa perubahan ekonomi dan kondisi pemasukan keuangan bisa terjadi kapan saja tanpa kita minta. Bisa menjadi lebih baik atau menjadi lebih buruk. Dari yang punya pekerjaan dengan pemasukan 7.000 (salah satu yang tertinggi) sampai menjadi pengangguran dalam waktu yang lama (baru dapet kartu pekerjaan saja langsung dapat kotak PHK lagi).

Akan tetapi jika kita mempunyai persiapan investasi yang cukup, perubahan ini tidak akan terlalu berat untuk dilewati. Ketika permainan berakhir dan menlikuidasi semua asset kami, saya masih menjadi posisi kedua tertinggi dari semua peserta. Walaupun menjadi pengangguran dalam setengah permainan berjalan.

Kuncinya memulai berinvestasi sedini mungkin dan tetap menghitung resiko investasi yang ada. Gold Conversations adalah sebuah layanan untuk nasabah Citigold berupa metode perancangan portofolio investasi berdasarkan tujuan keuangan dan profil risiko nasabah. Artinya dengan layanan ini nasabah dapat menempatkan investasinya sesuai dengan resiko-resiko yang dipilih sesuai saran dari Citigold.

Pak Ivan Jaya (Head of Wealth Management) mengatakan bahwa baru 350.000 dari 2,5 juta lebih masyarakat Indonesia yang mengenal investasi melalui reksa dana maupun saham. Melalui kelas dengan tema “Pahami Asetmu, Optimalkan Investasimu” ini diharapkan para jurnalis dan blogger dapat menyebarluaskan betapa pentingnya investasi untuk masa depan masyarakat.

Kalau kamu masih merasa takut untuk memulai investasi atau bahkan tidak tahu sama sekali, di sinilah gunanya wealth advisory seperti fitur Gold Conversations dari Citi Indonesia ini. Dengan layanan ini, nasabah Citi Indonesia akan dibantu dengan saran atau pilihan untuk menempatkan aset investasinya yang cocok dengan profilnya.


Jadi apakah kamu sudah memulai investasimu?