Akhirnya saya bisa menjadi salah satu dari beberapa orang di Indonesia yang pertama melihat Microsoft Lumia 950 sebelum diluncurkan awal bulan Desember. Saya sudah melihat kemampuan Lumia 950 di Microsoft Tech Day sebelumnya dan memang buat saya device ini menjadi salah satu terobosan yang belum bisa disamai oleh smartphone lain.

Kalau kamu memegang Lumia 950 dan pengguna Windows 10, kamu akan merasakan kalau gestur aplikasi pada layar Lumia 950 dan jendela aplikasi di dekstop sama. Lumia 950 memang dirancang supaya pengguna mengalami pengalaman yang sama ketika mengakses windows 10 baik melalui dekstop ataupun Lumia 950.

Kalau itu saja tentu saja tidak akan menjadi sebuah terobosan dong. Terobosan itu bernama continuum dan dibenamkan pada Windows 10. Dengan Continuum dan Microsoft Display Dock, Lumia 950 akan bisa ditampilkan menjadi sebuah layar dekstop. Yang terbayang adalah sebuah mobilitas yang belum bisa ditemukan oleh smartphone lain. Mobilitas ini biasanya ditampilkan dalam sebuah tablet yang bisa dilepas dan disambungkan menjadi sebuah laptop. Tetapi di Lumia 950 kita hanya membawa sebuah smartphone dan bisa ditampilkan sebagai sebuah dekstop.

Microsoft Display Dock akan diluncurkan bersamaan dengan peluncuran Lumia 950. Microsoft display dock mempunyai konektor pengisian daya: USB-C, konektor AV4: DisplayPort & Konektor HDM, konektor sistem: displayPort lewat USB-C, USB: 2 x USB 2.0.

Lumia 950 adalah device pertama di dunia yang membawa Windows 10 di dalamnya. Irwan Hermawan dari Microsoft Mobile Devices Sales Indonesia mengatakan bahwa dengan Qualcomm Snapdragon 808 yang dibenamkan dalam Lumia 950 membuat device ini berjalan mulus tanpa hambatan.

Sayangnya cover Lumia 950 yang berupa matte putih dan hitam buat saya masih berkesan kurang elegan sebagai flagship device. Lumia 950 berukuran 5.2 inchi  dengan 2,560 x 1,440 AMOLED display di bawah selembar Corning Gorilla Glass 3.  Resolusi ini membawa 564 pixels per inchi yang akan membuat mata kamu puas ketika mengambil sebuah foto, menonton film atau memainkan game.


Dengan pasangan RAM sebesar 3GB dan processor Qualcomm : 64-bit, hexa-core Snapdragon 808, Lumia 950 akan kompetitif untuk kompetisi flagship device (smartphone premium). Masih ditunggu dengan harga berapa Lumia 950 ini bisa diakuisisi oleh penggunanya. Oh iya, Lumia 950 membawa memori sebasar 32GB dan dapat ditambah maksimal hingga 200GB.

Smartphone yang patut ditunggu kehadirannya.

UPDATE

Bahkan belum setengah jam postingan ini naik sudah ada updatenya haha~
Saya sudah menemukan harga Lumia 950 ini untuk yang pre-order.

Catatan: gambar header dari pocket-lint.com.