Sebetulnya saya pernah menulis dua kali tentang viral dan konten hoax yang sangat share(able) ini. Kedua kali menulis ketika peristiwa bom Jakarta kemarin. Dan entah kenapa kali ini saya menjadi gemas kembali hahaha~

Waspada Terhadap Pesan Hoax Berantai

Jadi kemarin di timeline social media saya (terutama path dan facebook) keluar meme (dibaca mim) tentang pernyataan CEO salah satu perusahaan rokok di Indonesia. Untuk orang-orang yang tidak suka dengan rokok dengan sangat pasti meme ini menyebar dengan sangat cepat.

Buat saya ketika melihat meme ini dan melihat ada tulisan link sumbernya, saya langsung tau bahwa konten yang ada di dalam meme ini kemungkinan besar tidak benar. Tetapi meme ini memang mengundang banyak jari untuk men-share tanpa mengecek kebenaran foto tersebut.

Benar saja, tidak usah menunggu lama ada yang memverifikasi kalau foto tersebut bukanlah foto sang CEO. Malah foto dari CEO kompetitor, jadi meme dan konten sangat tidak berkaitan.

Meme memang akhir-akhir ini menjadi kekuatan yang luar biasa untuk menjadi konten viral organik dalam isu apapun. Yang paling banyak di timeline saya biasanya isu agama maupun politik. Kedua hal ini paling banyak menuai kekuatan share dari jempol-jempol pemilik smartphone.

Pesan saya buat kita yang memiliki akses lebih terhadap kuota paket data internet, lebih bijaksanalah dalam membuat sharing atas konten-konten tertentu. Karena tidak sedikit yang percaya dengan apa yang kita share.

Selamat pagi dan selamat menikmati hari Kamis (di Jakarta) yang mendung ini ^^