Jadi ceritanya beberapa hari yang lalu ZUK Z1 saya mengeluarkan gambar yang aneh ketika dalam kondisi terkunci. Saya tidak pernah menginstall aplikasi seperti ini. Wah langsung berkesimpulan bahwa ada semacam malware yang masuk ke dalam android dan menginstall aplikasi ini.

Kejadian seperti ini pernah terjadi dengan android ibu mertua dan kejadiannya sama, saya tidak bisa menemukan aplikasi pembawa program ini karena mereka “bersembunyi” di dalam sistem android.

Aplikasi yang terinstall seperti ini biasanya terjadi ketika kita suka penasaran mengklik iklan-iklan yang muncul di website yang kita buka atau iklan-iklan di aplikasi dalam smartphone. Kalau di orang tua biasanya karena jarinya “kepleset” suka mencet-mencet sendiri hahaha~

Nah ternyata ada cara yang jitu untuk melihat aplikasi-aplikasi tersembunyi karena malware yang masuk ini. Caranya dengan mengaktifkan Safe Mode di android kita.


Caranya sebetulnya cukup mudah. Tekan tombol untuk mematikan android dan nanti akan muncul tombol Power Off kan? Tekan tombol Power Off tersebut cukup lama dan nanti akan keluar pilihan untuk Reboot ke kondisi Safe Mode. Tekan tombol Ok dan android akan reboot ke kondisi safe mode.


Nah ketika android dalam kondisi Safe Mode, buka Setting – Apps dan carilah aplikasi-aplikasi yang tampak mencurigakan. Dalam kondisi Safe Mode semua aplikasi akan tampak hingga aplikasi-aplikasi yang berusaha menyembunyikan diri di dalam sistem.

Lalu uninstall aplikasi tersebut.

Ini cara yang cukup mudah untuk menyelamatkan smartphone android kita dibandingkan dengan restart smartphone. Dalam kondisi yang parah, restart smartphone-pun kadang tidak berhasil untuk menyingkirkan aplikasi-aplikasi yang mengganggu ini.