Piala Eropa 2016 sudah memulai pertandingan kualifikasi group putaran kedua. Dari putaran pertama terlihat tim dengan pemain yang penuh bintang dan penuh tenaga (baca muda) seperti Belgia masih kalah dengan tim yang penuh pengalaman seperti Italia.

Grup A

Terlihat Perancis melewati grup ini berkat determinasi yang sangat kuat, salah satunya dari Dimitri Payet yang sudah membuat 2 gol dari 2 pertandingan yang sudah dilewati Perancis.

Sisa 1 jatah akan diperebutkan Swiss dan Rumania, itupun jika Swiss berhasil dikalahkan oleh Perancis di 1 pertandingan terakhir.

Grup B

Akhirnya terlihat titik terang Inggris untuk melewati grup ini. Sebetulnya di awal pertandingan melawan Wales tadi malam terlihat bahwa Inggris akan memberikan PHP lagi untuk pendukungnya.

Untung Hodgson membuang kekerasan kepalanya dan memasang Vardy – Sturridge untuk mengganti Kane dan Sterling yang tidak perform di 2 pertandingan Inggris sebagai starter. Vardy hanya membutuhkan 11 menit di lapangan untuk membuat salah satu gol penyelamat Inggris di turnamen kali ini.

Tiga tim dalam grup ini masih akan memperebutkan tempat 16 besar di pertandingan terakhir.

Grup C

Jerman dan Polandia kelihatannya akan melewati grup ini ke 16 besar. Jerman mempunyai mental yang sangat kuat untuk melewati pertandingan pertama dengan baik dan Irlandia butuh keberuntungan untuk mencuri poin di pertandingan terakhir melawan Jerman.

Grup D

Dari pertandingan pertama Spanyol terlihat susah payah untuk melewati Republic Ceko dan Kroasia membutuhkan sentuhan magis Modric untuk mendapatkan poin penuh dari Turki.

Semua masih punya kesempatan untuk melewati grup ini karena sebetulnya Ceko dan Turki tidak bermain jelek di pertandingan pertama mereka.

Grup E

Secara mengejutkan Italia yang menjadi tim non unggulan di turnamen kali ini menghabisi tim muda penuh bintang Belgia. Poros Courtois – Vermaelen – Nainggolan – Hazard – Lukaku seperti diajari cara bermain sepakbola taktis oleh tim Italia yang diisi oleh pemain-pemain kenyang pengalaman sepeti Buffon – Chiellini dan De Rossi.

Italia yang biasanya bermain dalam pola lambat secara mengejutkan mampu bermain cepat lewat Candreva dan Darmian.

Peluang masih terbuka untuk semua tim di grup E tetapi kelihatannya Italia bisa keluar sebagai salah satu tim yang lolos ke 16 besar.

Grup F

Di grup ini Portugal sangat dinggulkan. Tetapi dengan kondisi Islandia berhasil mencuri 1 angka dari Portugal dan Hungaria bisa mencuri angka dari Austria, grup ini menjadi sangat seru.

Ronaldo sempat mengeluh tentang Islandia yang hanya bertahan untuk menghadapi Portugal dan menjadi aneh karena Real Madrid baru saja menghadapi tim dengan pertahanan terbaik di eropa di final Champions kemarin.

Kalau Portugal bisa menguatkan mentalnya mungkin bisa beruntung lolos dari grup ini.

Jadi apa tim favoritmu yang akan lolos ke 16 besar?