Saya mengenal Mbak #AinunItu kelihatannya sejak Pesta Blogger 2008. Waktu itu Mbak Ainun menemani Mbak Yenni Wahid datang ke kopdar anak BHI di Bundaran Hotel Indonesia. Kopdar yang biasanya dilakukan semalam sebelum Pesta Blogger dimulai.

Sejak saat itu saya mengenal Mbak Ainun lewat dunia blog dan jaringan pertemanan digital. Suatu saat Mbak Ainun meminta tolong saya untuk menginisiasi Akademi Berbagi Semarang. Saya yang waktu itu sudah punya gerakan sharing yang lain bersedia untuk mencarikan Kepsek Akber Semarang dan saya sebagai supportnya.

Waktu itu akhirnya Yuki, salah seorang teman saya dalam berjejaring bersedia untuk menjadi Kepsek pertama Akber Semarang.

Dalam perjalanannya saya kembali hijrah ke Jakarta setelah 14 tahun tinggal di Semarang. Tadinya saya hanya ingin bersenang-senang dengan kegiatan relawan ini. Tetapi pada akhirnya saya tetap mendukung Akademi Berbagi dari belakang untuk mensupport Mbak Ainun menjalankan Akademi Berbagi Foundation.

Selama mungkin 6 tahun mengenal Mbak Ainun ada beberapa kebiasaan yang saya kenal dari pertemanan saya dengan beliau.

Mbak #AinunItu biasanya kalau ngajak kopdar ataupun meeting seringnya kalau direncanakan suka gak jadi. Yang dadakan malah lebih sering berhasilnya.

Mbak #AinunItu tidak pernah kapok untuk membantu orang walaupun balasannya sering sekali gak enak.

Mbak #AinunItu sangat concern dengan gerakan Akademi Berbagi yang dia bangun dari nol bersama teman-teman founder yang lain. Saking perhatiannya seringkali gestur beliau dianggap keras ataupun galak.

Mbak #AinunItu seringkali mengorbankan kepentingan dirinya sendiri supaya Akademi Berbagi dapat terus berjalan. Walaupun sering juga dicemooh oleh orang lain dalam berbagai macam hal karena Akademi Berbagi.

Dari Mbak Ainun saya belajar untuk menerima bahwa dianggap menjadi orang yang tidak baik untuk beberapa orang tidak mengapa. Kita tidak bisa selalu menyenangkan untuk semua orang.

Selamat ulang tahun Mbak Ainun. Semoga perjalanan hidupmu bersama Kika selalu diberkahi kebahagiaan.

Catatan: kesan dan pesan teman-teman tentang Mbak Ainun bisa dicek melalui tagar #AinunItu.