Boxing Day is a holiday celebrated the day after Christmas Day.
It originated in the United Kingdom, and is celebrated in a number of countries that previously belonged to the British Empire, including Canada. Boxing Day is on 26 December, although the attached bank holiday or public holiday may take place either on that day or a day later. ~ Wikipedia

Tapi kali ini saya bukan mau ngobrolin Boxing Day yang berhubungan dengan Natal, tetapi yang berhubungan dengan Liga Inggris alias sepakbola.

Liga Inggris tidak mengenal hari libur menjelang Boxing Day. Di liga-liga eropa lain, kebanyakan liga libur menjelang Natal dan sesudahnya. Seperti Serie A biasanya mereka baru memulai pertandingan kembali setelah tahun baru. Tapi tidak dengan Liga Inggris.

Setelah Natal (26 Desember) dan 7 hari berikutnya, Liga Inggris menjadi amat sibuk. Karena akan ada 3 pertandingan dalam 7 hari. Bayangkan setiap 2 atau 3 hari pemain di Liga Inggris berjibaku untuk mendapatkan poin demi poin.

Sehebat apapun pelatihnya pasti mereka akan mengeluh kalau belum terbiasa dengan Boxing Day di Liga Inggris. Sir Alex Ferguson-pun sering mengeluh di jamannya tentang Boxing Day.

Tadi malam Boxing day hari pertama terlewati oleh banyak tim.  Manchester United, Chelsea, Arsenal, Everton, Burnley, West Ham dan Manchester City mendapatkan 3 poin.


Sebagai fans Man Utd, saya senang cidera yang didapatkan Mkhitaryan tidak parah dan tadi malam dia sudah mencetak gol yang luar biasa.

Tim yang sukses melewati Boxing Day biasanya akan melaju lebih kencang di pertengahan musim kedua (Januari – Mei). Saya hapal biasanya Arsenal yang rontok di pertengahan musim kedua. Man Utd di jaman Sir Alex biasanya akan memanas setelah Boxing Day.

Boxing Day adalah batu ujian yang cocok untuk menguji pelatih-pelatih top macam Conte dan Guardiola yang belum terbiasa dengan kencangnya Liga Inggris setelah perayaan Natal.

Pertandingan seru Boxing Day berikutnya Southampton (yang tengah naik daun) vs Spurs dan Liverpool vs Manchester City.

Mari kita sambut gilanya Boxing Day!

Featured image from blog.unibet.com.au.