“Setelah Abby satu tahun, jalan-jalan ke luar kota yuk bareng Abby”, ujar Arianna beberapa waktu lalu.

“Oke, sepertinya Abby sudah cukup untuk kita bawa bepergian yang jauh”, jawab saya.

Saya dan Arianna memang sudah sepakat untuk membawa Abby jalan-jalan ketika usianya sudah melewati satu tahun di bulan Januari nanti. Kenapa setelah setahun? Supaya tidak terlalu ribet juga dalam perjalanan dan kami merasa Abby sudah mulai bisa menikmati sekelilingnya secara baik ketika menyentuh usia setahun.

Pastinya bepergian bersama anak-anak mempunyai tantangan tersendiri. Kami sudah tanya kanan-kiri tentang tips-tips perjalanan bersama anak dan sepertinya bagus juga ditulis melalui blog kali ini supaya tidak terlupakan.

Tips 01: Rencanakan Rute Perjalananmu.

Karena ini perjalanan pertama dengan Abby, maka pace perjalanan kami akan lebih lambat dibandingkan ketika kami hanya berjalan berdua. Merencanakan rute perjalanan dan lokasi yang kami kunjungi dengan detil akan membuat kami less stress nantinya. Salah satu tips yang terbaik sebetulnya menikmati satu lokasi kunjungan saja yang bisa kami nikmati bersama Abby dibandingkan harus mengunjungi 2 atau lebih lokasi wisata di hari yang sama.

Poin dari tips ini adalah membuat perjalanan menjadi sangat menyenangkan bersama si kecil dan bebas dari rasa stress.

Tips 02: Pilih Hotel Yang Ramah Anak

Karena bepergian bersama anak, kita juga harus memperhatikan kebutuhannya selama kita menginap di hotel. Beberapa tips yang bisa dipakai seperti fasilitas kolam renang anak sehingga kita dapat bermain dengan si kecil, hotel dengan taman yang agak luas untuk membawa anak jalan pagi atau jalan sore menikmati udara segar atau bahkan fasilitas family breakfast jika memungkinkan.

Soalnya saya menemukan ada hotel yang menu sarapannya tidak ramah untuk anak-anak juga.

Tips 03: Bawa Obat-Obatan Yang Dibutuhkan Anak.

Kita tidak pernah tahu apa yang akan terjadi di jalan, apalagi jika kita membawa anak kecil. Membawa obat-obatan standar untuk anak seperti tempra untuk anak ataupun multivitamin tidak boleh dilupakan supaya kita tidak repot ketika kondisi si kecil drop.

Kalau kamu mau membawa si kecil ke luar negri, mungkin bagus juga kalau di cek kesehatan si kecil 2 – 3 minggu sebelum keberangkatn untuk memastikan kondisinya.

Tips 04: Biasakan Si Kecil Dengan Rencana Perjalanan

Mungkin tips yang satu ini tidak biasa untuk orang tua di Indonesia, tetapi membiasakan si kecil dengan rencana perjalanan kita akan membuat si kecil lebih nyaman nantinya dalam perjalanan. Misalnya kita merencanakan membawa si kecil ke kebun binatang. Biasakan dia dengan suara binatang yang akan dilihatnya, gambar atau foto binatang yang akan dilihat atau bahkan foto lokasi di mana kita akan berkunjung.

Mungkin tips ini bisa terdengar konyol tetapi kalau si kecil sudah berusia dua tahun lebih bisa menjadi project yang menyenangkan bersama si kecil.

Tips 05: Perhatikan Berat Bawaan

Pergi selama 1 – 3 jam saja bersama Abby barang bawaan kami sudah lumayan berat apalagi beberapa hari dan selalu bergerak.  Perhatikan barang bawaan supaya tidak terlalu membebani selama dalam perjalanan antar kota. Misalnya searching apakah di kota yang dituju terdapat penyewaan stroller.

Mengurangi beban stroller itu sudah pasti membuat nilai sangat plus ketika kita dalam perjalanan antar kota ini. Saya sudah bisa membayangkan pundak yang agak lega ketika beban stroller itu tidak ada selama dalam perjalanan ini.

Tips 06: Bawa Mainan Si Kecil

Perhatikan mainan yang sangat menarik perhatiannay dan bisa membuat dia sibuk dengan aktivitasnya sendiri. Mainan itu yang harus kita bawa dalam perjalanan ini. Misalnya Abby bisa menjadi sangat sibuk sendiri dengan piring dan sendok makannya (baca: SI ABBY INI MURAH YA MAINANNYA), jadi pastikan kalau piring dan sendok makan dia akan selalu bersih ketika dalam perjalanan ini.

Membuat Abby tenang dan bermain sendiri selama 15 – 30 menit dalam kendaraan yang kita pilih itu bisa membuat perjalanan semakin menyenangkan.

Tips 07: Pilih Moda Transportasi Dengan Ruangan Yang Lega

Dalam otak saya dan Arianna memang ingin membawa Abby dengan kereta ke Bandung. Kami ingin memperkenalkan perjalanan luar kota yang menyenangkan untuk Abby sebagai perjalanan pertamanya. Dan kelihatannya dengan kereta perjalanan dengan Abby akan lebih bebas stress dibandingkan dengan moda transportasi yang lain.

Lirik satu aplikasi dengan aplikasi yang lain, kelihatannya memesan lewat Traveloka bisa menjadi pilihan yang menyenangkan. Sebagau partner resmi Kereta Api Indonesia membuat kita tidak usah takut dengan resiko pesanan yang gagal.

Memesan kereta melalui Traveloka cukup mudah, hanya cukup memasukkan lokasi dan tanggal, kita langsung diberikan semua pilihan yang tersedia. Cukup hanya klik tombol choose untuk memesan jadwal yang diinginkan.

Fitur pilih kursi dalam Traveloka juga jadi nilai plus lainnya. Misalnya memesan lokasi kursi yang tidak jauh dari toilet akan membuat kerepotan kita semakin minimal ketika si kecil buang air.

Walaupun mereka mempunyai fitur last minute booking sampai maksimal 3 jam sebelum keberangkatan, tetapi saya sarankan untuk tidak menggunakan fitur ini ketika bepergian dengan si kecil. Always plan in advance!

Tips 08: Menambah Pesanan Kursi

Saya cek, sebetulnya anak di bawah 3 tahun bebas biaya untuk kereta api ini.

Tetapi kalau kita mau lebih fleksibel dengan si kecil, mungkin kita bisa memesan dan membayar tambahan kursi untuk si kecil. Misal menambah 2 kursi lagi di depan sehingga kita mempunyai 4 kursi yang berhadap-hadapan. Ini bisa berguna sekali ketika si kecil ingin berbaring tidur sehingga orang tua tidak harus mengorbankan space duduknya.

Tips 09: Bawa Minuman Yang Cukup

Anak kecil lebih mudah mendapatkan dehidrasi dibandingkan orang dewasa. Selalu siapkan botol air minum khusus untuk si kecil di samping botol susunya. Ketika suhu udara tinggi, kamu bisa selalu memberikan air putih di samping susu jika persediaan susu terbatas.

Tips 10: Pilih Lokasi Wisata Yang Ramah Anak.

Selalu cek apakah lokasi wisata yang kita pilih ramah untuk anak. Sesimpel memeriksa apakah lokasi wisata yang ingin kita kunjungi punya rute jalan kaki yang nyaman untuk dilewati stroller. Dan kalau kita merencanakan lebih dari satu kegiatan untuk si kecil, selalu pastikan persediaan lebih untuk perlengkapan ganti seperti baju, celana, popok dan lap khusus untuk si kecil.

Phew, ternyata banyak juga ya yang harus disiapkan hanya untuk bepergian dengan Abby menjadi less stress dan menyenangkan.

Apakah kamu punya tips lain yang mau dibagi?