Sebelum ini saya tidak pernah membeli apapun dengan metode Flash Sale di Lazada. Apalagi belanja Xiaomi, cari penyakit aja rebutan smartphone dengan puluhan ribu orang di saat yang sama hahaha.

Tapi akhirnya hari Rabu kemarin saya merelakan diri untuk ikutan Flash Sale gara-gara di list twitter teknologi saya rame-rame share tentang informasi Flash Sale Redmi 5A ini di Lazada. Percobaan mengikuti Flash Sale ini murni hanyalah iseng dan kalo smartphonenya dapet ya paling hanya untuk bahan review hahaha.

Percobaan ikutan Flash Sale ini menarik karena saya lagi selo, di timeline memang heboh banyak yang ikutan Flash Sale Redmi 5A satu ini karena harga smartphonenya yang gila-gilaan, cuman 999 ribu perak cuy!

Persiapan pertama ikut Flash Sale adalah login ke akun Lazada dan memastikan kalau alamat kirimnya sudah tepat, jadi pas mau proses pembayaran tinggal klik-klik aja. Tips yang satu ini saya baca lewat akunnya Pak HerrySW dan karena saya tinggal di Jakarta ya sistem pembayarannya COD saja, nurut kata Pak HerrySW. Jadi kalo gak dapet ya gak rugi juga, kalo dateng ya tinggal bayar.

Persiapan kedua, masuk ke halaman Flash Sale bahkan setengah jam sebelum dimulai. Di refresh terus aja setiap 5 menit dan refresh terus selama 10 menit terakhir menjelang Flash Sale hahahaha (sumpah saya berasa selo banget).

Dan betul aja, begitu 5 menit sebelum Flash Sale halaman websitenya sudah down karena begitu banyaknya orangyang akses di satu waktu yang sama. Saya sih refresh-refresh terus aja dan lupa di percobaan ke berapa akhirnya bisa masuk juga ke halaman pembelian dan langsung membeli 1 unit Redmi 5A.

Setelah itu masuk halaman konfirmasi alamat saya tinggal klik oke karena sudah saya setup, memilih sistem pembayaran COD dengan same day delivery.

Nah seperti kebanyakan pembeli yang ikutan Flash Sale, di tahap mengkonfirmasi pembayaran ini juga kebanyakan orang gagal karena halamannya error. Metode saya sih merefresh halaman terus menerus sampai berhasil. Kalau halaman konfirmasi ini gagal, saya kembali ke halaman sebelum dan klik konfirmasi lagi.

Karena harga Redmi 5A ini cuma 999 ribu (+ ongkir 10 ribu) saya sih cuek-cuek aja kalau sistemnya error dan dapet lebih dari satu.

Benar saja, entah di percobaan berapa akhirnya pembelian saya berhasil. Apakah sampai tahap ini kamu bisa yakin kalau kamu bisa mendapatkan Xiaomi Redmi 5A?  TENTU SAJA TIDAK! Saya menduga karena lubernya permintaan pasti kemungkinan sistem error tinggi.

Saya menerima e-mail konfirmasi pembelian sampai 3 kali antara jam 11 sampai 11:30 dan SMS kalau pesanan dibatalkan jam 11:50. Dalam hati langsung “wah ya udahlah ya, mungkin kesalahan sistem aja sampai saya dapet Redmi 5A ini.”

Eh ternyata sekitar jam jam 14:15, saya mendapatkan e-mail konfirmasi pengiriman barang. Karena sistemnya COD ya saya harus nunggu dong di kantor karena saya menggunakan alamat kantor untuk pengiriman.

Saya akhirnya sampai menggeser waktu meeting untuk menerima barang COD ini hahaha. Begitu menyentuh jam 17:30 dan tidak ada tanda-tanda barang sampai saya aktif bertanya ke Customer Care Lazada lewat chatt live dan twitter untuk menanyakan status barang atau sesimpel no kontak kurir hanya untuk memastikan timeline pengiriman.

Dan Lazada tidak bisa memastikan keduanya baik timeline pengiriman maupun no kontak kurir yang mengirimkan barang. Bahkan tidak juga menjawab apakah kalau kurir tidak bertemu saya, mereka akan kembali keesokan harinya.

Lewat jam 19:00, saya tinggal saja pulang karena merasa pekerjaan sia-sia menunggu Redmi 5A ini diantar di hari yang sama dengan hari pembelian. Kalaupun nantinya pembelian gagal ya santai saja wong COD, jadi gak dapet ya gak bayar.

Udah gak mikirin pembelian yang gagal ini sebetulnya, cuma ngerasa memang Customer Care Lazada kurang pengetahuan untuk menjawab pertanyaan para pembelinya.

Keesokan paginya ternyata kurir Redmi 5A inipun datang. Wah datang juga! Packingnya walaupun simpel tetapi sudah cukup aman untuk melindungi Redmi 5A ini.

Nah sore hari ketika sedang ngemil di kantin, Mbak Jeje yang menjaga lobi kantor menelpon kalau ada kurir Lazada yang datang (lagi) mengantar Redmi 5A dengan sistem COD. Dalam hati “LAH, DIANTER LAGI!” Dan sayapun gercep ambil uang di ATM untuk mengambil dan membayar  Redmi 5A ini hahahaha.

Bukan apa-apa, saya teringat dengan Sobathape yang sedang susah mengumpulkan 10 biji Redmi 5A ini untuk giveaway.  Karena Mouldie tinggalnya tidak jauh dari rumah saya, saya kepikiran untuk ngasih kelebihan yang satu ini ke Sobathape. kalaupun tidak jadi diambil Sobathape pasti banyak juga yang nanya buat akuisisi Redmi 5A ini.

Anyway beberapa saran untuk Lazada dalam penyelenggaraan Flash Sale:

  1. Karena udah beberapa kali menyelenggarakan Flash Sale, jadi tolonglah persiapan dalam menyambut traffic gila-gilaannya ditingkatkan, tapi error-error karena faktor x memang tidak bisa dihindari sih (maklum dulu juga vendor website sampe sekarang haha.)
  2. Tingkatkan pengetahuan Customer Care dalam menghadapi pertanyaan atau komplain pembeli Flash Sale. Sesederhana pertanyaan “Apakah kalau kurir tidak ketemu pembeli dalam proses COD, barang akan diantarkan kembali keesokan harinya?” harusnya Customer Care bisa menjawab.
  3. Tingkatkan First Response Time untuk social media. Saya bertanya melalui Direct Message Twitter sama sekali tidak ada respon. Respon keluar hanya ketika setelah barang selesai diantar keesokan harinya, aneh sekali untuk dedicated team seperti Lazada ini (sungguh ini hanya asumsi karena e-commerce sebesar Lazada pasti timnya sudah dedicated.)
  4. Perbaikan di daftar barang yang sudah dikirimkan karena saya sampai mendapatkan 2 device di pagi dan sore hari. Berarti harusnya Lazada mempunyai daftar keluar barang yang lebih baik karena jeda pengiriman jauh.
  5. Untuk packaging barang dan keramahan kurir sudah mantabh gan! *acungin jempol*

Lalu beberapa tips untuk yang masih gagal mendapatkan barang incerannya di Flash Sale Lazada:

  1. Pastikan alamat pengirimanmu sudah tersetting benar.
  2. Login dan masuk halaman Flas Sale 1 jam sebelum dimulai.
  3. Selalu refresh setiap 5 – 10 menit menjelang  jam Flash Sale.
  4. Jangan pernah menyerah untuk refresh ketika halaman website error.
  5. PILIH METODE PEMBAYARAN COD! #penting
  6. Banyak-banyak berdoa dan tabah dalam menunggu barang inceran setelah berhasil konfirmasi pembelian.

Bagaimana pengalamanmu ikutan Flash Sale Lazada ini?

FIND ME!
ANOTHER BLOG | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
E-MAIL: project.didut@gmail.com