Dari pengalaman membeli mobil kemarin, sepertinya ada beberapa hal yang bisa saya share, terutama jika kamu ingin membeli mobil baru. Entah kalau tips ini berguna untuk kamu yang ingin membeli mobil bekas.

Tips 1: Tentukan Tipe Mobil Sesuai Kebutuhan

Dengan banyaknya pilihan tipe mobil yang ada di pasaran saat ini, jalan terbaik untuk menentukan mobil apa yang ingin dibeli adalah putuskan dulu kebutuhanmu. Mungkin tips ini paling relevan untuk pembeli mobil pertamamu.

Misal: karena saya dan Arianna saat ini hanya mempunyai Abby, jadi kami berpikir untuk memiliki mobil kecil saja. Pilihan ini  tentu saja disesuaikan juga dengan ruang halaman depan rumah untuk menampung mobil. Tentu saja ada hal-hal lain yang kami perhitungkan, tetapi 2 hal tadi yang menjadi fokus utama pemilihan tipe mobil yang hendak kami beli.

Tips 2: Jangan Terbuai Fitur

Jangan terjebak rayuan sales untuk memiliki mobil yang fiturnya tidak kamu butuhkan. Tetapkan hati untuk membeli mobil dengan fitur yang kamu butuhkan. Ini bukan berarti selalu fitur yang lebih tinggi loh, sales selalu merayu calon pembeli untuk membeli mobil yang mereka arahkan supaya target salesnya terpenuhi.

Misal: kemarin saya sudah memutuskan untuk membeli mobil dengan transmisi automatic. Ketika survey ke dealer, sales merayu Arianna untuk membeli mobil transmisi manual dengan alasan merawat mobil matic akan lebih mahal.  Saya ingin menggunakan mobil matic dengan kondisi Jakarta yang super macet ini dan sales ingin menjual mobil manual mungkin karena tipe mobil ini kurang laku di Jakarta. Jadi kalau rayuan sales gak cocok dengan tujuan kita membeli mobil, bertahanlah! 

Tips 3: Jangan Lewat Anggaran

Putuskan budget untuk membeli mobil sebelum kamu survey. Jangan membeli mobil di atas budget yag sudah ditentukan karena akan berpengaruh pada kemampuanmu membayar nantinya.

Kalau bisa sih mencicil mobil tidak lebih dari 2 tahun supaya bunganya tidak terlalu tinggi. Kalau memang belum bisa mungkin memang kamu belum sanggup untuk memiliki sebuah mobil. Khusus tips ini mungkin kembali lagi ke pilihan masing-masing orang.

Tips 4: Test Drive!

Test drive merupakan salah satu bagian dari survey sebelum final memutuskan untuk membeli mobil yang diinginkan atau tidak. Kebetulan sewaktu sekolah setir saya menggunakan mobil yang saya ingin beli. Klop deh bisa mempelajari kelebihan dan kekurangan mobil yang ingin saya beli.

Bertanyalah sedetil mungkin ke sales yang berhubungan untuk membeli mobil baru kamu. Dan kalau tidak ada yang terjawab, kejar saja jawabannya walaupun harus menunggu. Intinya jangan membeli mobil yang tidak kamu inginkan atau kurang tahu fitur-fiturnya.

Tips 5: Nego Keras Diskon dan Promonya

Tips terakhir ini sebetulnya tergantung tipe pembelinya *meringis*. Karena saya tipe orang yang santai ketika membeli sesuatu, saya mengandalkan sekali Arianna untuk nego keras ke salesnya hahahaha.

Kalau kamu kurang bisa nego, ajak aja teman yang kalo nego sadis. Pokoknya kamu akan membutuhkan bantuan mereka soalnya kalau kamu orangnya gak tegaan ya siap-siap aja gak dapet diskon atau bonus yang banyak hahahaha.

Nah yang baru selesai baca sampai habis, share dong kenapa kamu ingin membeli mobil baru.

FIND ME!
ANOTHER BLOG | TWITTER | INSTAGRAM | GOOGLE+
E-MAIL: project.didut@gmail.com