Jadi postingan ini untuk menjawab CR Challenge bulan Februari #2 dari Mbak Eno, keknya menarik untuk ikutan nulis walaupun tidak ikutan challengenya hahaha~

Gue pikir cukup banyak hal yang menyenangkan terjadi di bulan ini jadi menyebutkan tiga di antaranya tidak akan cukup sulit.

#1 Kesehatan

Yang no 1 pastinya kesehatan, baru kemarin gue di tes antigen untuk yang kedua kalinya karena orang yang dekat dalam bekerja mendapat hasil yang positif ketika dites Covid. Dan ketika gue dinyatakan negatif kemarin, lega luar biasa karena sekarang ini kita gak pernah tau kita bisa mendapatkan virus ini dari mana walaupun sehari-hari sudah cukup ketat menjaga protokol kesehatan.

Kalau dulu sebelum masa pandemi kelihatannya mengucapkan kata “semoga sehat selalu” bukan sesuatu yang bermakna, tetapi saat  ini pasti ketika kita mengucapkannya kita akan sangat bersungguh-sungguh dari dalam hati mendoakannya. Melihat circle terdekat seperti keluarga dan teman-teman pergaulan yang satu persatu mulai didekati virus Covid, gue sangat bersyukur hingga saat ini masih bisa menjaga diri termasuk menjaga Arianna dan Abby.

#2 Sertifikasi

Pertahun ini gue dan Arianna merencanakan untuk meningkatkan skill proffesional kami dalam bekerja. Gue di bidang digital marketing dan Arianna di bidang HRD yang baru saja dia geluti setahunan ini. Kami sadar bahwa kami butuh meningkatkan diri dalam bidang pekerjaan kami masing-masing karena kami berdua datang dalam pekerjaan ini dengan lesson learned yang kami kumpulkan bertahun-tahun, bukan dengan ilmu yang kami pelajari dari masa kuliah.

Dan di bulan ini, Arianna berhasil menyelesaikan short course HRD-nya. Patut disyukuri karena mengikuti kursus ini selama 3 bulan bukan sesuatu yang mudah, karena Arianna harus mengikuti kelas setiap hari selama 2 – 3 jam setelah selesai bekerja termasuk satu hari full di akhir pekan. Dengan gangguan dari Abby yang ingin selalu dekat mamanya, tidak membuat tantangan ini menjadi lebih mudah dengan hanya sekedar menjaga konsentrasi setelah lelah bekerja seharian.

Dan akhirnya di bulan Februari ini, Arianna sudah berhasil menyelesaikan kursusnya dengan baik tanpa hambatan yang berarti dan gue juga sudah mengantongi sertifikasi proffesional untuk bidang pekerjaan gue. Salah satu keuntungan di masa pandemi ini adalah semua kursus yang kami ikuti diselenggarakan secara online sehingga kami bisa menjaga ritme kursus dengan ritme rumah dan juga pekerjaan yang juga sama-sama online.

#3  Dapat Klien Baru

Semua yang bekerja pasti mengalami penurunan di sisi bisnis, baik itu di sisi brand maupun konsultan. Mungkin hanya sedikit yang tidak terkena dampak dari sisi bisnis, misal yang menyediakan platform digital seperti Zoom dkk ataupun farmasi yang kegiatannya malah meningkat. Di dua bulan awal kemarin, kegiatan pitching kantor lumayan kenceng, langsungtancap gas dari awal tahun dan akhirnya di bulan februari kami mendapatkan beberapa klien baru (termasuk klien retainer).

Dulu sebelum pandemi mungkin hal yang biasa mendapatkan klien baru, tapi di masa pandemi seperti ini, mendapat klien baru (apalagi retainer) menjadi sesuatu yang benar-benar patut disyukuri.

Sebetulnya di atas semua itu, kita memang belajar lebih bersyukur atas semua hal baik yang kita dapatkan selama masa pandemi ini. Selalu sehat itu sudah menjadi suatu anugerah pastinya, apalagi virus Covid mulai masuk di circle terdekat.

Bagaimana dengan kamu? Apa yang kamu syukuri selama masa pandemi ini?