Seperti yang udah gue share di postingan kemarin kalau tiba-tiba mouse Logitech MX Master gue ada isu dan harus cari pengganti dalam waktu dekat. Muter-muter di e-commerce akhirnya kok mood mentok di  Logitech Signature M650 L. Cari yang L atau large karena tangan gue termasuk besar sebetulnya dan sudah terbiasa dengan ukuran Logitech MX Master yang ‘monster‘, jadi kalo balik ke mouse yang ukurannya normal pasti kerasa banget kagoknya.

Sentuhan pertama di mouse ini bikin gue gak nyangka kalau mouse ini ternyata enak banget buat digenggam tangan.  Mouse ini hadir dengan bentuk berkontur di area samping berbahan karet sehingga area ini terasa lembut di kulit. Satu lagi faktor yang bikin gue keknya sulit berpindah dari mouse ini (selain Logitech MX Master tentunya) adalah rasa di jari ketika melakukan klik, hampir gak ada suara alias senyap dan juga lembut di jari. Rasa kek gini jarang dimiliki oleh mouse-mouse lain, bahkan ketika dibandingkan dengan Logitech MX Master.

Baru tau juga ternyata mouse ini adalah produk Logitech baru yang tersedia mulai pada 17 Januari 2022. Gue sih gak akan bahas secara fitur-fitur banget karena gak terlalu mudeng juga soal mouse tapi first impressionnya adalah mouse ini bikin kerja jari jauh berkurang karena kelembutannya baik ketika digenggam maupun ketika melakukan pekerjaan.

Satu lagi kelebihannya adalah produk ini ternyata mempertimbangkan dampak lingkungan karena sebagian dari komponen plastik mouse Signature M650 ini terbuat dari plastik daur ulang pasca-konsumen (Post-Consumer Recycled / PCR). Dan kandungan di mouse gue ini (graphite) paling besar sebanyak 64%.

Ada feedback yang menarik dari Twitter buat gue

Kalau dibandingkan dengan M331 yang bulkie kelihatannya Logitech Signature M650 L ini lebih ramping tapi lebih panjang. Tergantung preference sih sepertinya, tapi karena M331 ini silent jadi kalau dari sisi rasa ketika melakukan tekanan harusnya gak beda-beda amat. Paling beda rasa ketika melakukan grip aja.

Kedua si Logitech Signature M650 L ini terasa sangat ringan. Dulu gue biasa dengan Logitech Bluetooth Mouse M585 yang lumayan agak berat, jadi pas pindah ke Logitech Signature M650 ini terasa banget bedanya. Apalagi kalo sehari-sehari terbiasa dengan Logitech MX Master.

Jadi apa preference mousemu?